Cegah bau mulut saat puasa ala dokter gigi cantik ini

BAU mulut memang sangat mengganggu bagi orang sekitar. Bau mulut akan semakin menyengat saat kita sedang menjalankan ibadah puasa. Hal itu sangat mengganggu dalam pergaulan, terutama saat kita berbincang dalam jarak dekat dengan orang lain.

Jika ingin menghilangkan bau mulut tak sedap saat puasa, drg Nurul Adha Marzuki mencoba berbagi beberapa tips yang dapat dipraktekkan di rumah. Sehingga mulut tetap segar sepanjang Ramadan. Bagaimana tipsnya?

“Untuk awal sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu sumber bau mulut tersebut sehingga dapat dilakukan penanganan dengan tepat. Jika memang memiliki masalah serius dengan bau mulut, sebaiknya berkonsultasi ke dokter gigi,” ujar dokter cantik asal Lhokseumawe yang kini menetap di Makassar itu.

Tambahnya, menggosok gigi dua kali sehari saat sahur dan ketika hendak tidur malam. Membersihkan lidah dengan pembersih lidah atau sikat gigi. Menggunakan obat kumur sehabis sahur dengan aturan pakai yang tepat. Untuk para perokok, sebaiknya menghindari rokok setelah makan sahur.

“Khusus untuk sikat gigi, sebaiknya pilihlah yang bertekstur lembut dan rapat. Sehingga dapat menjangkau sempurna seluruh permukaan dan sela gigi, agar tidak ada sisa makanan yang mengendap dan mengundang bau,” jelasnya kepada ATJEHPOSTcom, Jumat 12 Juli 2013.

Menurut drg Nurul, makanan yang dikonsumsi juga dapat mempengaruhi bau mulut yang menyengat.

“Untuk itu perbanyak makan makanan berserat seoerti buah dan sayur. Minum yoghurt dan mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi. Tentunya jangan lupakan air mineral (air putih) karena itu baik untuk kesehatan,” ujarnya.[] ihn

  • Uncategorized

Leave a Reply