Cara Sumbar meningkatkan kunjungan wisatawan

DINAS Kebudayaan dan Pariwisata Sumbar mengklaim kunjungan wisatawan mancanegara di Sumbar meningkat, menyusul banyaknya acara berskala nasional dan internasional yang dihelat daerah tersebut.

Karnalis Kaharuddin, Kabid Destinasi Wisata Disbudpar Sumbar, mengatakan terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisman setiap tahunnya. Peningkatan itu didorong oleh banyaknya kegiatan berskala internasional yang dihelat di Sumbar.

“Terjadi peningkatan signifikan, karena didorong banyaknya event besar, seperti Tour de Singkarak, dan bulan ini digelar Tourism Indonesia Mark and Expo [TIME],” katanya kepada Bisnis, Selasa (1/10/2013).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan sampai Agustus 2013 jumlah wisman yang datang ke Sumbar melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan Pelabuhan Teluk Bayur mencapai 3.466 orang. Jumlah itu naik 44,06% dibanding periode yang sama tahun lalu, yang tercatat hanya 2.406 orang.

Namun, secara nasional jumlah itu hanya menyumbang 0,45% dari total wisman yang masuk ke Indonesia tahun ini, yang mencapai 771.009 orang. “Tetapi secara umum, terjadi peningkatan jumlah wisman. Nah, ini yang ingin kita dorong terus,” ujarnya.

Data Disbudpar Sumbar menyebutkan selama tahun 2012, jumlah kunjungan wisman mencapai 36.953 orang, dan meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 33.594 orang. Jumlah itu memang masih sangat jauh dibanding wisatawan nusantara yang jumlahnya mencapai 5.788.135 orang.

“Kegiatan berskala internasional memang dibutuhkan untuk mendongkrak kunjungan wisman ke Sumbar. Selain itu yang kami lakukan juga adalah pembenahan di objek-objek wisata,” ucapnya.

Karnalis mengatakan mereka sedang menyiapkan roadmap untuk pengembangan pariwisata Sumbar jangka panjang. “Ini masih kita siapkan, dan bahas dulu dengan DPRD,” ujarnya.

Dengan roadmap itu, pengembangan pariwisata bisa lebih terarah dan dampkanya dapat dirasakan masyarakat secara luas. Untuk saat ini, katanya, pelaku usaha pariwisata tetap diminta harus meningkatkan pelayanan dan memberikan kenyamanan kepada wisman yang berkunjung ke Sumbar.[] sumber: bisnis.com

  • Uncategorized

Leave a Reply