Cara Mengembangkan Karir untuk Ibu Bekerja

Jakarta – Sebanyak 55 persen wanita karir di Indonesia mengakui bahwa karirnya melambat semenjak memiliki anak. Sedangkan 20 persen wanita lainnya menganggap bahwa karir mereka berdampak negatif untuk kehidupan keluarganya. Hal tersebut telah dibuktikan dalam riset yang dilakukan Accenture, perusahaan konsultasi manajemen dan layanan teknologi serta outsourcing.

Dalam riset yang sama, Accenture juga menemukan bahwa ada tiga cara untuk dapat mengembangkan karir wanita yang juga menjadi ibu rumah tangga. Berikut tiga cara tersebut.

1. Kerja Keras
Riset yang melibatkan 3.900 responden dari Indonesia menunjukkan bahwa 40 persen wanita bekerja mengedepankan kerja keras untuk mengembangkan karir mereka. Dari ke-3 cara untuk dapat mengembangkan karir, kerja keras merupakan faktor yang paling utama.

Kerja keras yang dimaksud adalah, mereka bersemangat dalam bekerja tanpa menyerah. Namun, kerja keras juga harus disesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan. Jangan sampai Anda membawa pulang pekerjaan ke rumah. Karena waktu di rumah merupakan waktu khusus Anda bersama suami dan anak-anak. Dengan begitu, waktu Anda untuk keluarga juga tidak akan terganggu.

2. Soft Skill
Sebanyak 14 responden mengatakan bahwa mengembangkan soft skill merupakan salah satu cara untuk dapat mengembangkan karir. Soft skill merupakan ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain dan ketrampilan mengatur dirinya sendiri, sehingga mampu mengembangkan daya kerja secara maksimal. Ketrampilan yang dimaksud yaitu wanita yang bekerja harus memiliki kreativitas, mandiri, motivasi, komitmen, integritas dan disiplin.

Kreativitas, berarti kemampuan untuk memiliki cara tersendiri bagaimana mengatur waktu untuk pribadi, keluarga dan pekerjaan. Sehingga apa yang dikerjakan dapat dilakukan secara seimbang. Sementara jika Anda mampu mandiri, maka tidak perlu merepotkan orang lain termasuk keluarga sendiri.

3. Kepercayaan Diri
Sebanyak 22 persen responden yang bekerja dengan percaya diri dapat mengembangkan karir mereka. Banyak wanita karier di Indonesia yang masih enggan atau malu-malu menyuarakan aspirasi mereka di kantor dan itu menjadi salah satu faktor yang dapat menghambat kemajuan karir. Jadi, jika Anda diminta untuk mengeluarkan pendapat jangan sampai ragu untuk mengatakannya. [sumber: wolipop.com]

  • Uncategorized

Leave a Reply