Cara Google rayakan Hari Perempuan Sedunia

HARI ini, 8 Maret 2013, adalah hari perempuan sedunia. Situs pencari Google pun tak mau melewatkan momen penting ini.

Jika membuka Google hari ini, anda akan menemukan gambar 27 perempuan yang dikumpulkan menjadi satu dengan latar belakang berbeda. Ada perempuan berjilbab, berkulit hitam, berambut pirang, hingga merah. Di bagian tengah, wajah-wajah kaum perempuan itu membentuk tulisan Google.

Dari sejumlah literatur disebutkan, 8 Maret ditetapkan sebagai hari perempuan sedunia atau Internasional Women's Day, karena pada tahun 1917, di tanggal yang sama, kaum perempuan di Rusia untuk pertama kali mendapat hak memberikan suara dalam pemilu. Momen itulah yang kemudian menjadi tonggak peringatan hari perempuan sedunia.

Sebelumnya, sejumlah sejarah juga ditorehkan oleh kaum perempuan. Namun, hanya diperingati terbatas di sejumlah negara.

Pada 1917, ketika 2 juta tentara Rusia terbunuh dalam perang, perempuan Rusia turun ke jalan menyerukan perdamaian. Meski ditentang para pemimpin politik, mereka memilih bertahan.

Empat hari setelah aksi yang digelar pada minggu terakhir Februari itu, Raja Rusia Tsar Nicholas II turun tahta. Pemerintahan sementara terbentuk sesudahnya menoreh sejarah baru: perempuan diberikan hak suara dalam pemilu.

Berdasarkan kalender Julian yang dipakai di Rusia, hari itu jatuh pada 23 Februari. Namun, berdasarkan penanggalan Masehi atau kalender Gregorian yang dipakai sekarang, jatuh pada 8 Maret.

Peringatan Hari Perempuan Sedunia ini sempat terhenti pada 1920. Belakangan, sejak 1975 lewat Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Hari Perempuan Sedunia diperingati setiap 8 Maret. | YAS | DARI BERBAGAI SUMBER

  • Uncategorized

Leave a Reply