Cabang Menembak Aceh Pastikan 14 Tiket ke PON 2016

Cabang Menembak Aceh Pastikan 14 Tiket ke PON 2016

BANDA ACEH – Cabang olah raga menembak Aceh memastikan diri meloloskan 14 atletnya menuju Pekan Olah Nasional (PON) XIX Jawa Barat tahun 2016 mendatang. Kepastian itu diperoleh setelah para atlet menenambak Aceh di bawah binaan Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Aceh dan Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbakin Aceh mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak Awang Farouk Cup IV 2015, di Lapangan Menembak Perbakin di Manggar, Balikpapan Kalimantan Timur, dari tanggal 29 Juli sampai 4 Agustus 2015.

Dari kejuaraan ini squad menembak Aceh di bawah binaan pelatih Amar Makruf berhasil membawa pulang tiga medali; satu medali emas, satu perak dan satu perunggu. Total atlet yang dikirim pada kejuaraan ini berjumlah 14 orang, sembilan diantaranya merupakan atlet yang mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Porwil dan Pra PON oleh KONI Aceh, satu orang atlet yang di-Pelatda mandiri oleh Perbakin Aceh dan empat atlet yang di-Pelatda secara khusus oleh KONI Aceh di Jakarta

“Dan yang paling menggembirakan adalah, selain membawa pulang tiga medali, ke 14 atlet yang kita kirim lolos PON XIX 2016 di Jawa Barat,” kata Ketua Harian Pengprov Perbakin Aceh, Syafriel Antony di sela-sela acara penyambutan atlet menembak Aceh di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Kamis, 5 Agustus 2015.

Setiba di bandara, sejumlah atlet menembak Aceh langsung mendapat kalungan bunga dan ucapan selamat dari pengurus Pengprov Perbakin Aceh dan pengurus KONI Aceh. Rona bahagia terlihat dari wajah para atlet, pelatih dan official tim.

Turut Hadir pada acara penyambutan tersebut antara lain, Ketua Pelatda Porwil dan Pra PON Aceh yang juga Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Aceh Bachtiar Hasan, Bendahara KONI Aceh Kennedy Husein, Wakil Ketua Bidang Litbang KONI Aceh T. Rayuan Sukma, dan sejumlah pengurus KONI Aceh lainnya serta pengurus Pengprov Perbakin Aceh.

Adapun atlet yang memperoleh medali pada Kejurnas Menembak Awang Farouk Cup IV 2015 adalah, satu medali emas di kelas Air Pistol Junior Putri Beregu oleh Derli Amalia Putri, Noer Oktaviana Maliza, dan Cut Eka Maulidia. Kemudian satu perak di Kelas Center Fire Putra Beregu oleh Lantik, Usman, dan Iman S. Lubis. Serta satu perunggu di Kelas Air Pistol Junior Putri Perseorangan oleh Derli Amalia Putri. Selain itu juga didapat hasil bahwa ke 14 atlet menembak Aceh tersebut melewati Minimum Quality Score (MQS) yang merupakan syarat wajib untuk lolos ke PON.

Syafriel mengatakan atlet menembak Aceh masih punya kesempatan untuk menambah koleksi tiket lolos PON XIX 2016 Jawa Barat pada Kejurnas Anniversary Jakarta, yang rencananya akan berlangsung dari 17 hingga 21 September 2015.

“Perbakin Aceh tetap bertekad ingin menyumbang lagi medali, seperti di PON XVIII Riau 2012 lalu yang meraih tiga perunggu,” kata Syafriel. Kepada KONI Aceh, Syafriel mengatakan, Pengprov Perbakin mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan Pelatda, khususnya untuk cabang menembak yang sejauh ini telah menunjukkan prestasi yang cukup baik.

Sementara itu Ketua Panitia Pelatda Porwil dan Pra PON Aceh, Bachtiar Hasan mengapresiasi prestasi yang telah diraih cabang menembak. “Kita berharap prestasi ini dapat diikuti oleh cabang-cabang olah raga lainnya,” ujar Bachtiar.

Para atlet dan pelatih menembak ini nantinya direncakan akan bertemu langsung Ketua Harian KONI Aceh Kamaruddin Abu Bakar atau Abu Razak dan Ketua Umum KONI Aceh H. Muzakir Manaf atau Mualem. Sesuai yang dijanjikan oleh Ketua Umum KONI Aceh, setiap atlet yang memperoleh medali emas di ajang Pra PON akan mendapatkan bonus uang tunai.[](bna)

Leave a Reply