Bupati Nasaruddin Kukuhkan Panitia Kongres Adat Gayo

TAKENGON – Bupati Aceh Tengah, H. Nasaruddin, telah mengukuhkan panitia Kongres Adat Gayo yang terdiri dari gabungan organisasi forum mahasiswa Gayo se-Nusantaradi Takengon dua hari lalu, Rabu, 15 Juli 2015.
Pengukuhan tersebut diikuti dengan seminar bertema Urgensi Generasi Muda dalam Mengawal Eksistensi Gayo dan Dewan Adat Gayo.
Menurut Nasaruddin, upaya pembentukan panitia kongres menjadi langkah awal untuk menyusun tahap berikutnya dalam mempersiapkan kongres secara matang.
“Keberadaan suatu komunitas sangat penting pada saat ini, bahkan lebih penting di masa depan, dan kongres Dewan Adat Gayo kami nilai suatu langkah yang tepat untuk tetap memberi ruang adat Gayo tetap eksis di masa mendatang,” kata Nasaruddin.
Nasaruddin menambahkan, tanpa upaya nyata, suatu komunitas bisa saja hilang dari peredaran, terlebih komunitas kecil. Tapi jika komunitas tersebut mampu mengembangkan diri, bisa lebih besar. “Begitu juga dengan Gayo.”
Salah satu panitia, Aramiko Aritonang mengatakan kongres ini bagian dari komitmen pemuda dan mahasiswa Gayo yang menggagas percepatan dilaksanakannya kongres Dewan Adat Gayo
“Semua perwakilan organisasi mahasiswa Gayo yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Gayo se-Nusantara hadir untuk merumuskan berbagai persiapan kongres,” kata Aramiko.
Kegiatan ini turut dihadiri anggota DPR RI asal Gayo Tagore Abubakar, Bupati Bener Meriah Ruslan Abdul Ghani, dan anggota DPRA asal Aceh Tengah dan Bener Meriah, Bardan Sahidi.
Organisasi pemuda dan mahasiswa yang yang turut berpartisipasi dalam forum mahasiswa Gayo se-Nusantara antara lain GeRAK Gayo, GMNI, Gayo Merdeka, FKBM UGP, Ippemata, KGAB, STIKES YPNAD, BEM STAIN UGP, HMI, MAPESGA, PII, GEGARA, STAIN, AMPG, BMG, IMAGAS, Formagalus, IMM, HPBM, BEM UGP, IMAGA, dan BMG.[] (ihn)

Leave a Reply