Bupati dan Muspida Bireuen Ziarahi Makam Pahlawan

BUPATI Bireuen H Ruslan M Daud dan pejabat Muspida Bireuen dan pejabat sipil serta pejabat militer melakukan ziarah ke makam Kolonel Hoesin Yoesoef di Desa Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, Minggu 17 Agustus 2014.

Kolonel Hoesin Yoesoef adalah Panglima Divisi X Komandemen Sumatera, Langkat dan Tanah Karo yang berkekudukan di Bireuen pada masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Kunjungan dilakukan usai upacara pengibaran bendera merah putih HUT RI ke 69 di Stadion Cot Gapu Bireuen. Di sana Bupati Bireuen dan pejabat muspida berdoa bersama dengan masyarakat dan melakukan tabur bunga di makam Kolonel Hoesin Yoesoef.

Dalam kunjungan itu, turut dibacakan sejarah singkat dan riwayat hidup Kolonel Hoesin Yoesoef yang dibacakan Asisten I Setdakab Bireuen Drs Murdani.

Tabur bunga juga dilakukan di makam istrinya, Letda Ummi Salamah yang merupakan tentara intelijen Divisi X. Makam Ummi Salamah berdekatan dengan makam Kolonel Hoesin Yoesoef.

Pemkab Bireuen turut menyerahkan santunan kepada keluarga dekat almarhum. Dari sana Bupati Bireuen dan pejabat muspida mengunjungi monumen tank di Desa Juli Keude Dua, Kecamatan Juli.

Hoesin Yoesoef adalah panglima Divisi X yang juga sangat berperan dalam menyiarkan berita-berita Indonesia ke luar negeri melalui Radio Rimba Raya pada tahun 1948 di Pendopo Bireuen, saat Indonesia sedang diblokade Belanda.

”Ini kali pertama pimpinan daerah Bireuen melakukan ziarah ke makam pahlawan dalam rangka HUT RI, sebagai bentuk penghargaan kepada jasa-jasa mereka dalam mempertahankan kemerdekaan,” kata Kabag Humas Pemkab Bireuen, Farhan Husein SE MM. []

  • Uncategorized

Leave a Reply