Bupati Bireuen minta Baitul Mal himpun ZIS pengusaha

BUPATI Bireuen H Ruslan M Daud meminta Baitul Mal tidak hanya mengumpulkan zakat, infaq dan shadaqah (ZIS) dari kantor pemerintahan, tetapi juga mendatangi para pengusaha supaya jumlah yang terkumpul lebih besar.
 
“Tidak salahnya petugas mendatangi pengusaha dan pedagang untuk menawarkan penyaluran zakat, infaq dan shadaqah melalui Baitul Mal Bireuen,” ucap Bupati Bireuen Ruslan M Daud pada penyaluran ZIS tahap III September-Desember 2012 di Aula Setdakab lama Bireuen, Rabu, 6 Februari 2013.
 
Bupati Ruslan mengajak semua pegawai, termasuk pengusaha dan pedagang untuk selalu menyalurkan zakatnya. Selain untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, juga bekal amal di akhirat nantinya.
 
Kepala Badan Baitul Mal Kabupaten Bireuen Ahmad Ajady sebelumnya melaporkan ZIS yang disalurkan tahap III mencapai Rp1 miliar lebih terdiri dari zakat Rp359 juta infaq Rp657 juta. Sementara keseluruhan ZIS yang disalurkan tahun 2012 Rp3,1 miliar.
 
Sebagaimana biasanya, ZIS disalurkan untuk modal usaha fakir miskin di setiap kecamatan, beasiswa untuk pelajar di semua jenjang sekolah, bantuan untuk mualaf dan pembangunan rumah untuk kaum dhuafa.
 
Sejak 2009, sebut Ahmad, Badan Baitul Mal Kabupaten Bireuen telah membangun 187 rumah untuk kaum dhuafa masing-masing tahun 30 unit pada tahun 2009, 46 unit tahun 2010, 54 unit tahun 2011 dan 57 unit tahun 2012.
 
“Sesuai data yang ada, penerimaan ZIS setiap tahunnya mengalami peningkatan, hal ini sebab kesadaran membayar zakat dari kalangan PNS yang semakin hari semakin meningkat,” ujar Ahmad Ajady.
 
Dia mengatakan dengan dana ZIS telah sangat banyak membantu kaum fakir miskin. Melalui bantuan berbentuk modal usaha untuk fakir miskin di setiap kecamatan, beasiswa kepada pelajar yang berasal dari keluarga tak mampu dari di semua jenjang sekolah serta penerima lainnya yang berhak.[](iip)

  • Uncategorized

Leave a Reply