Bupati Aceh Selatan segel dayah, massa rusak pagar

BUPATI Aceh Selatan Husin Yusuf beserta jajaran Muspida Aceh Selatan hari ini menyegel Yayasan Dayah Almujahadah pimpinan Tengku Ahmad Barmawi, di Gampong Ujong Kareung, Kecamatan Sawang, Aceh Selatan. Penyegelan itu dilakukan selepas salat Ashar, sekitar pukul 16.30 Wib, Selasa, 5 Maret 2013.

Informasi yang diperoleh ATJEHPOSTcom dari santri dayah, Bupati datang bersama dengan Kapolres, Dandim Aceh Selatan, Ketua MPU Aceh Selatan dan juga beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan. Kedatangan Bupati dan rombongan itu diikuti massa yang berasal dari kampung dan kecamatan setempat.

"Ketika sampai kami baru siap salat Ashar di dayah, Ketua MPU Aceh Selatan langsung membacakan surat yang menyatakan kami sesat, padahal itu fitnah,"kata salah seorang santri, Fadli, yang dihubungi Selasa sore, 5 Maret 2013.

Fadli menyatakan, setelah membaca surat itu Bupati dan Muspida langsung pulang. "Kami ingin berbicara tapi tak diberi kesempatan," katanya.

Dia menceritakan Satpol PP yang datang bersama rombongan bupati melakukan perusakan pamflet nama yayasan, serta merusak pagar yayasan tersebut dengan diikuti oleh massa. Satpol PP kemudian menggantinya dengan pamplet yang bertulisan,"Dayah Teungku Barmawi sesat menyesatkan."

"Kami sangat menyesalkan tindakan itu karena bisa memancing massa untuk bertindak anarkis," ujarnya.

Ketika dihubungi Fadli mengatakan, santri dayah masih berada di dalam, tidak keluar. "Saat ini, massa masih merusak pagar. Polisi ada, tapi cuma melihat saja," katanya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply