Home Budaya Wah, Indonesia Punya 5.849 Motif Batik

Wah, Indonesia Punya 5.849 Motif Batik

165
0

JAKARTA – Bandung Fe Institute dan Sobat Budaya melakukan pendataan budaya selama 9 tahun terakhir. Pendataan dilakukan melalui situs www.budaya-indonesia.org. Selama kurun waktu itu, saat ini telah terdokumentasikan sedikitnya 5.849 motif batik yang tersebar dari Aceh hingga ke Papua.

Presiden Bandung Fe Institute Hokky Situngkir menuturkan batik di Indonesia sangat beragam. Batik tidak hanya berkembang di Pulau Jawa saja, tetapi juga di Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan Papua. “Nyaris hampir setiap daerah memiliki corak batik yang khas,” katanya dalam rilis yang diterima Bisnis.
Sebanyak 5.849 motif batik ini terdapat pada aplikasi Peta Batik Indonesia yang baru dirilis kemarin. Dia menjelaskan proses pemetaan dilakukan dengan menggabungkan pendekatan matematika fraktal, ilmu komputasi warna, dan kajian biologi evolusioner.
Struktur geometris dari setiap motif batik diukur melalui pendekatan matematika fraktal. Pola karakteristik warna motif batik dikaji melalui pendekatan komputasi warna. Parameter-parameter yang diperoleh dari hasil perhitungan tersebut kemudian dianalisis melalui pendekatan pohon evolusi yang berkembang dalam kajian biologi evolusioner.
Parameter bentuk geometris dan pola warna motif batik diolah sebagai sekuen-sekuen informasi, seperti urutan DNA dalam struktur biologis. Dan dari rangkaian penelitian panjang tersebut akhirnya lahirlah Peta Batik Indonesia, yang merepresentasikan perkembangan dan kekerabatan motif-motif batik di Indonesia.[] Sumber: bisnis.com
Foto ilustrasi