Timphan Asoe Kaya, Primadona Saat Lebaran di Aceh

JANTHO – Penganan khas Aceh ini menjadi primadona saat lebaran tiba. Namanya timphan asoe kaya (srikaya). Setidaknya begitu lah pengakuan Nur Ainiah, 36 tahun, salah satu warga Leupung, Aceh Besar.

Timphan yang memiliki keunggulan rasa manis ini sering dijumpai pada hari-hari besar di Aceh, seperti kenduri, pesta perkawinan, lebaran, dan menjamu tamu kehormatan.

“Timphan asoe kaya tergolong makanan istimewa kalau di Aceh dan setiap orang yang dijamu dengan timphan ini, terlihat mulia apabila dihidangkan asoe kaya,” kata Nur Ainiah yang sedang memipihkan adonan tepung di daun pisang kepada portalsatu.com, kemarin, Rabu, 23 September 2015.

Nur Ainiah melanjutkan, timphan asoe kaya juga bisa sebagai hantaran ke rumah mertua, dan tentunya mendapat penghargaan tersendiri bagi yang membawanya karena telah memuliakan mertua.

“Ini sudah menjadi tradisi kita di Aceh. Biasanya thimpan ini juga dibawa ke rumah saudara sebagai buah tangan saat lebaran. Apalagi dianggap mulia kalau pergi ke rumah mak tuan (mertua) membawa timphan asoe kaya,” ujarnya.[](bna)

Leave a Reply