Home Budaya Rafly Kande: Seni Aceh Jangan hanya untuk Lokal, tapi Dunia

Rafly Kande: Seni Aceh Jangan hanya untuk Lokal, tapi Dunia

65
0

JAKARTA – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) yang juga penyanyi Aceh Rafly Kande berharap pengelolaan seni-seni yang ada di Aceh bukan lagi menjadi tontonan masyarakat lokal saja, tetapj harus lebih luas dan dapat menjadi ikon Indonesia di mata dunia.

“Seni-seni yang kita miliki sekarang masih menjadi dari kita untuk kita, padahal seni-seni Aceh punya nilai jual yang besar,” kata Rafly Kande ketika dihubungi portalsatu.com di Jakarta, kamis 1 Oktober 2015.

Rafly berada di Jakarta setelah Rabu sempat mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda setelah melakukan konser musik tradisonal Aceh di Inggris selama 40 hari.

Menurut pelantun lagu-lagu khas Aceh itu, banyak seni Aceh yanb memang cukup punya gereget di luar negeri, seperti tari Saman Gayo dan Rapai. Namun selema ini pertunjukannya hanya untuk kalangan lokal.

“Sekarang sudah saatnya seni-seni yang ada di Aceh berbaur bersama seni-seni dunia lainnya. Marwah Aceh cukup kuat di luar negeri, tinggal kemasan dan pengenalannya dipikirkan bersama, termasuk Pemerintah Aceh yang merupakan representatif seni-seni yang dimiliki Aceh,” ujarnya. [] (mal)