Home Budaya Pra Kongres Peradaban Aceh Bakal Digelar di Banda Aceh September Ini

Pra Kongres Peradaban Aceh Bakal Digelar di Banda Aceh September Ini

142
0

JAKARTA – Kegiatan pra Kongres Peradaban Aceh bakal dilaksanakan di Banda Aceh pada 26 September 2015 mendatang. Hal ini dilakukan setelah adanya pertimbangan panitia dan efektivitas setelah sebelumnya menetapkan pelaksanaan kegiatan di Medan, Sumatera Utara.

“Ini pertimngannya efektivitas saja, Karena sebagian besar pembicara dan narasumber pra Kongres berada di Aceh,” kata Sekretaris Panitia, Mustafa Ismail, di Jakarta, Selasa, 15 September 2015.

Pembatalan lokasi kegiatan juga disebabkan karena peserta berasal dari Aceh. Menurutnya akan lebih efektif lagi jika kegiatan ini dilaksanakan di ibukota Provinsi Aceh.

“Jangkauannya lebih mudah dan bisa lebih fokus. Ini artinya pelaksanaan pra kongres dan puncak kongres peradaban Aceh pada Oktober nanti telah diputuskan bersama dilaksanakan di Banda Aceh,” ujar Mustafa.

Mustafa mengatakan narasumber dan audien pra kongres berasal dari 23 kabupaten kota di Aceh. Sementara yang menyampaikan pidato peradaban adalah Prof. Nazaruddin Sjamsuddin, yang merupakan satu-satunya narasumber dari Jakarta.

Kongres Peradaban Aceh digelar bermula dari kegiatan diskusi terarah di Jakarta. Kegiatan ini diputuskan akan membahas penguatan bahasa-bahasa lokal yang ada di Aceh.[](bna)