Home Budaya Pasca, Ditulis Gabung atau Terpisah?

Pasca, Ditulis Gabung atau Terpisah?

6258
0

Pada tulisan sebelumnya, Bagaimana Menuliskan Huruf C pada Pasca dan Civitas Academica? saya telah menjelaskan perihal cara yang benar menuliskan huruf c pada pasca dan civitas academica. Lantas, apakah pasca harus ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya atau tidak?

Tidak seperti kata pergi, jalan, dan makan, bentuk pasca merupakan unsur yang tidak dapat berdiri sendiri sebagai sebuah kata. Oleh karena itu, dalam penulisannya, pasca harus dirangkaikan dengan kata yang mengikutinya. Jadi, bila di depannya terdapat kata panen, berarti yang harus ditulis adalah pascapanen, begitu pula untuk kata-kata seperti perang, revolusi, rembang harus ditulis pascaperang, pascarevolusi, pascarembang. Salah kalau kata-kata itu ditulis terpisah, pasca perang, pasca revolusi, pasca rembang.

Meski demikian, pasca tak selamanya dapat dirangkaikan dengan kata di depannya. Ada aturan sendiri tentang pemakaian bentuk ini. Bentuk yang bermakna sesudah atau setelah itu tidak boleh digabung penulisannya bila di depan bentuk pasca itu adalah kata berimbuhan. Artinya, pasca hanya boleh digabung penulisan dengan kata di depannya apabila kata itu kata dasar.

Maka, secara ejaan, penulisan seperti ini salah: pascakejadian, pascapembunuhan, pascapenembakan. Kesalahan ini karena kejadian, pembunuhan, dan penembakan bukanlah kata dasar, melainkan kata berimbuhan. Solusinya, pasca harus diganti penulisannya dengan kata setelah atau sesudah sehingga menjadi setelah kejadian, setelah pembunuhan, dan setelah penembakan.[]