Home Budaya Kongres Peradapan Aceh akan Dihadiri 13 Duta Besar

Kongres Peradapan Aceh akan Dihadiri 13 Duta Besar

123
0

JAKARTA-Pelaksanaan Kongres peradapan Aceh yang akan digelar pada November 2015 mendatang di Banda Aceh, akan dihadiri 13  duta besar dan 350 undangan dari berbagai negara, termasuk peliputan dari media international antara lain CNN, Arabian, dan Al-Jazira.

“Sudah dikondisikan mereka untuk acara Kongres Peradapan tersebut,” kata salah seorang inisiator kegiatan Kongres Peradapan Aceh Fahmi Mada ketika dihubungi di Bandung, Jawa Barat, Minggu 16 Agustus 2015.

Sebelumnya, kata Fahmi pihaknya ada mewacanakan memilih lokasi pelaksanaan dari beberapa daerah, antara lain Aceh Besar, Sabang, Aceh Tengah dan Banda Aceh.

“Rapat panitia terakhir memutuskan Banda Aceh menjadi tempat pelaksanaannya, dan itu juga masukan dari teman-teman yang sudah melakukan survei tempat,” kata Fahmi Mada.

Kegiatan Kongres peradapan Aceh digagas beberapa tokoh Aceh yang tinggal di Jakarta, antara lain Ahmad Farhan Hamid, Fikar W Eda, Fahmi Mada, Moreng Baledro, dan tokoh-tokoh Aceh lainnya, baik dari kalangan swasta maupun pemerintahan.

Pada Kongres Peradapan Aceh ini akan dibahas beberapa hal penting seperti bahasa-bahasa yang ada di Aceh, Adat, dan lain-lainnya. Anggaran kegiatan ini bersumber dari sumbangan perorangan (meuripee)  dan bukan bersumber dari pemerintah. []