Bagaimana Menuliskan Huruf C pada Pasca dan Civitas Academica?

Dalam penulisannya, pasca dan civitas academica sering ditulis paska dan civitas akademika, atau langsung ditulis secara utuh civitas academica. Secara ejaan, penulisan seperti itu sebenarnya salah. Munculnya kesalahan itu karena ketidaktahuan penulis terhadap bentuk yang benar atau sikap tak acuhnya terhadap “kebenaran”.

Ditilik dari segi ejaan, dua kata bercetak miring pada judul di atas harus ditulis pasca dan sivitas akademika, bukan paska dan civitas akademika, atau civitas academica.

Dua kata itu mulanya bukanlah kosakata asli bahasa Indonesia. Pasca merupakan kata yang diserap dari bahasa Sanskerta, sedangkan civitas academica dari bahasa Latin. Karena asalnya yang berbeda, cara menulisnya pun berbeda, termasuk cara melafalkannya.

Huruf c pada kata pasca, sesuai dengan bahasa asalnya, dilafalkan dengan [c], bukan [k] sehingga dalam penulisannya pun haruslah ditulis dengan huruf c. Sejalan dengan itu, kata pasca pun dalam bahasa kita dilafalkan dengan pasca, bukan paska, misalnya pascapanen dan pascasarjana. Maka, salah jika kita menulis paskapanen dan paskasarjana. Bandingkan pelafalan pasca dengan panca yang juga merupakan unsur serapan dari bahasa yang sama, yaitu bahasa Sanskerta. Dalam hal ini, panca pun dilafalkan dengan panca, bukan panka, misalnya Pancasila dan pancakrida.

Huruf c dari bahasa Latin, seperti halnya dari bahasa Inggris, tidak dilafalkan dengan c, tetapi di satu pihak huruf itu dapat dilafalkan dengan s, dan di pihak lain dapat pula dilafalkan dengan k. Huruf c asing, sesuai dengan penyerapannya, dilafalkan dengan s jika terdapat di depan huruf e, i, oe, dan y. Sebut saja misalnya, cent menjadi sen, central menjadi sentral, circulation menjadi sirkulasi, coelom menjadi selom, dan cylinder menjadi silinder.

Lalu, c asing dilafalkan dengan k jika huruf itu terletak di depan a, u, o, dan konsonan, seperti pada kata corelation menjadi korelasi, calculation menjadi kalkulasi, cubic menjadi kubik, construction menjadi konstruksi, classification menjadi klasifikasi.

Berdasarkan aturan itu, huruf c pada civitas pun dilafalkan dengan s karena terletak di depan i, tetapi pada academica dilafalkan dengan sivitas akademika, bukan civitas academica, bukan pula civitas akademika. Maka, penulisan yang benar adalah sivitas akademika dan pasca.[]

Leave a Reply