Bagaimana Menulis Kata Ambulance dan Photocopy?

Tak ada satu pun bahasa di dunia ini yang memiliki kosakata lengkap untuk menyebutkan sesuatu. Bahasa Inggris, yang katanya merupakan bahasa untuk komunikasi internasional, juga tak luput dari hal itu. Sebut saja kata soldier, misalnya. Jangan anggap kata ini asli dari bahasa Inggris. Sebenarnya kata tersebut diserap dari bahasa Prancis.

Karena alasan tidak memiliki kosakata yang lengkap itulah setiap bahasa di dunia ini menyerap kosakata dari bahasa lain. Ketika penyerapan terjadi, kata yang diserap itu haruslah disesuaikan penulisannya dengan bahasa yang menyerap kosakata itu. Penyerapan itu salah satunya disebabkan oleh penyesuaian pelafalan bahasa sumber dengan bahasa asal.

Umumnya penyesuaian pelafalan itu telah ditetapkan dalam suatu aturan, tak terkecuali bahasa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia aturan itu disebut Pedoman Penulisan Unsur Serapan.

Bahasa Indonesia menyerap cukup banyak kosakata dari bahasa asing, salah satunya bahasa Inggris. Cukup banyak kata bahasa Inggris diserap oleh bahasa Indonesia, seperti ambulance dan photocopy. Kedua kata ini ketika digunakan dalam bahasa Indonesia harus disesuaikan pelafalannya. Penyesuaian ini harus berpedoman pada Pedoman Penulisan Unsur Serapan.

Berdasarkan pedoman itu, ambulance harus ditulis ambulans. Jadi, bukan ambulan seperti yang ditulis oleh sebagian orang selama ini. Kasus yang hampir sama juga terjadi pada kata response. Kata yang juga dari bahasa Inggris ini ketika ditulis dalam bahasa Indonesia haruslah respons, bukan respon.

Photocopy juga harus disesuaikan penulisannya. Kata itu haruslah ditulis fotokopi, bukan photo kopi, photokopy, atau fotocopy. Aturan pengubahannya adalah sebagai berikut. Bila ph di depan vokal o, ph menjadi f, c menjadi k, dan y menjadi i. Ini juga berlaku pada kata-kata bahasa Inggris lainnya seperti phase menjadi fase dan comodity menjadi komoditas. Fotokopi juga tidak ditulis terpisah (foto kopi) karena dari bahasa sumbernya pun tidak mengalami perubahan.

Mari menulis sesuai dengan ejaan yang benar. []