Bagaimana Menulis Inter-, Non-, dan Eks- dalam Bahasa Indonesia?

Bukan hanya pasca yang merupakan bentuk terikat dalam bahasa Indonesia dan tidak dapat berdiri sendiri sebagai suatu kata. Bentuk-bentuk seperti inter-, non-, dan eks- juga berstatus sama seperti pasca. Ini berarti kedua bentuk ini harus digabung dengan kata lain yang mengikutinya. Maka, penulisan yang benar adalah interaksi, nonaktif, dan ekskombatan, bukan inter aksi, non aktif, dan eks kombatan.

Sebenarnya, cukup banyak bentuk terikat dalam bahasa Indonesia yang harus ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya, seperti a pada amoral, adi, pada adikuasa, antar pada antarkota, anti pada antibodi, audio pada audiovisual, ekstra pada ekstrakurikuler, pro pada propemerintah, dan nara pada narasumber.

Sayangnya, bentuk-bentuk terikat yang cukup banyak itu dalam praktiknya tidak ditulis dengan benar. Banyak orang menulis seperti ini: a moral, adi kuasa, antar kota, anti bodi, audio visual, ekstra kurikuler, pro pemerintah, nara sumber. Padahal, penulis cukup membuka pedoman EYD yang banyak tersedia, baik dalam bentuk cetak maupun di internet untuk mencari penulisan yang benar.

Hal yang perlu diketahui dalam penulisan bentuk terikat ini adalah dalam pemakaian tanda hubung. Bila kata yang akan dilekati oleh bentuk terikat itu diawali oleh huruf kapital, di antara bentuk terikat dan huruf kapital itu harus ditulis tanda hubung, misalnya non-Islam, non-Asia, eks-GAM. Aturan seperti ini juga berlaku untuk bentuk terikat lainnya seperti imbuhan, misalnya se-Aceh, ber-KTP. Maka, tidak benar bila bentuk-bentuk itu ditulis nonIslam, nonAsia, eksGAM, seAceh, berKTP.

Meski demikian, bila semua bentuk itu ditulis dengan huruf kapital, tanda hubung justru tidak boleh digunakan karena fungsi tanda hubung pada kasus yang saya sebutkan di atas untuk memisahkan huruf kapital dan huruf kecil. Jadi, tidak benar jika ada orang menulis seperti ini, NON-ISLAM, NON-ASIA, EKS-GAM, SE-ACEH, SE-ASIA, BER-KTP. Penulisan yang tepat adalah tanpa tanda hubung dan ditulis serangkai: NONISLAM, NONASIA, EKSGAM, SEACEH, SEASIA, BERKTP.[]