Brunei Darussalam, Masjid Indah di Balik Perbukitan Glee Judah

Brunei Darussalam, Masjid Indah di Balik Perbukitan Glee Judah

GLEE Judah merupakan perbukitan yang ada di perbatasan Kecamatan Lhoknga dan Kecamatan Leupung. Kawasan ini menjadi salah satu titik yang disukai pengendara karena suguhan pemandangan laut lepas yang sangat indah.

Namun sedikit yang tahu kalau di balik kokohnya Glee Judah tersebut terdapat sebuah perkampungan dan masjid yang indah. Masjid Brunei Darussalam namanya.

Nama masjid yang unik ini diadopsi dari nama negara Brunei Darussalam, negara yang menjadi donatur pembangunan masjid usai tsunami 10 tahun silam. Letak masjid ini berada di Gampong Deah Mamplam, Kecamatan Leupung, Aceh Besar. Tepat di tengah-tengah perumahan penduduk.

Memasuki bulan suci Ramadan lalu, warga setempat memugar masjid dengan cara mengecatnya kembali agar indah dipandang mata. Masjid ini berada di pucak bukit dengan jalan akses berupa 30 anak tangga. Ada juga jalan beraspal yang bisa digunakan oleh mereka yang membawa kendaraan.

Berada di masjid ini sangat menyenangkan. Kita bisa menyaksikan pemandangan asri berupa pegunungan yang menjulang. Dan juga atap-atap rumah penduduk yang padat. Susunan batu-batu yang menjadi penyangga tanah menambah eksotisme masjid ini.

Sementara dari belakang masjid menghadap ke barat, terlihat pemandangan pantai yang mendominasi. Tak sedikit pengunjung yang datang ke masjid ini mengabadikan keindahan panorama alam tersebut.

Masjid Brunei diketuai langsung oleh Imam Masjid, Teungku Dhiauddin, dan memiliki beberapa departemen sebagaimana masjid lainnya, yaitu departemen atau Seksi Pembangunan, Humas, Keagamaan, Budaya, Penggalangan Dana dan Remaja Masjid yang diketuai Saryulis Mz. Seluruh bidang tersebut di bawah tanggung jawab penasehat dan geuchik gampong atau kepala desa.[] (ihn)

Leave a Reply