Bom Bunuh Diri Guncang Afghanistan, 17 Tewas

AFGANISTAN-Laporan dari Afghanistan menyebutkan setidaknya 17 orang meninggal dalam ledakan bom bunuh diri di Provinsi Khost, Rabu 20 Juni 2012.

Ledakan itu juga menyebabkan tak kurang dari 16 orang luka-luka, termasuk perempuan dan anak-anak. Sasaran pengeboman sepertinya adalah patroli gabungan pasukan NATO dan angkatan bersenjata Afghanistan.

Beberapa rumah sakit di dekat lokasi kejadian mengatakan dua anggota polisi termasuk di antara para korban. Para pejabat setempat mengatakan pelaku mengendarai sepeda motor penuh dengan bahan peledak.

Kerumunan anak-anak sekolah terlihat berada di lokasi kejadian ketika bom meledak. Catatan menunjukkan ini adalah serangan kedua terhadap pasukan asing di Khost bulan ini.

Juru bicara NATO membenarkan telah terjadi serangan terhadap pasukan NATO, tetapi ia menolak memberikan rincian soal korban. Bulan ini Taliban mengaku bertanggung jawab melakukan serangan terhadap pangkalan pasukan Amerika Serikat di Khost, menewaskan seorang tentara AS, kontraktor AS, dan seorang tentara Afghanistan.

NATO mengatakan 14 anggota kelompok perlawanan tewas dalam kontak senjata pada 1 Juni. Khost dikenal sebagai salah satu pusat kegiatan kelompok militan Haqqani, kelompok yang memiliki hubungan dekat dengan Taliban.

AS mengatakan Haqqani berada di balik serangkaian serangan bom di Kabul dan kota-kota lain di Afghanistan. Menteri Pertahanan AS Leon Panetta menuduh Haqqani bertanggung jawab atas berbagai serangan terhadap pos dan pangkalan AS dan berjanji akan menumpas kelompok ini. | sumber:bbc

  • Uncategorized

Leave a Reply