Boko Haram Culik Lagi 20 Wanita Nigeria

PARA militan diyakini dari kelompok ekstremis Nigeria Boko Haram telah menculik 20 perempuan dari pemukiman dekat Kota Chibok, tempat di mana lebih dari 200 anak sekolah juga diculik pada April lalu.

Sejumlah pria bersenjata dilaporkan tiba di pemukiman pengembara Garkin Fulani dengan menggunakan sejumlah mobil van pada pekan lalu, dan memaksa wanita ke dalam kendaraan mereka di bawah todongan senjata, seperti dilansir surat kabar the Independent, Selasa (10/6).

Saksi mengatakan para wanita itu kemudian dibawa kabur ke lokasi tidak diketahui di area terpencil di Negara Bagian Borno, bersama dengan tiga pria muda yang mencoba untuk menghentikan penculikan itu.

Tentara Nigeria telah dituduh tidak terlalu efektif dalam memerangi Boko Haram di wilayah Borno, memaksa penduduk setempat untuk membentuk kelompok main hakim sendiri demi melindungi diri mereka sendiri.

Alhaji Tar, salah seorang anggota dari salah satu kelompok tersebut, mengatakan saksi telah memberitahu mereka tentang serangan tersebut tetapi itu sudah terlambat bagi siapa pun untuk campur tangan.

"Kami mencoba untuk pergi mengejar mereka saat informasi itu sampai kepada kita sekitar tiga jam kemudian, tapi kendaraan kita tidak bisa pergi jauh, dan laporan itu datang kepada kami sedikit terlambat," kata dia.

Seorang juru bicara militer mengatakan sejak insiden itu, yang terjadi pada sekitar tengah hari pada Kamis pekan lalu, pasukan negara telah mencegah serangan Boko Haram di desa-desa di seluruh wilayah Borno dan Negara Bagian Adamawa.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Nigeria Chris Oluklade mengatakan tentara telah membunuh lebih dari 50 militan yang sedang dalam perjalanan untuk melakukan penyerbuan terhadap warga sipil.

Boko Haram menjadi perhatian internasional yang lebih luas ketika mereka menculik ratusan siswi dari Sekolah Pemerintah Khusus Perempuan Chibok pada 15 April lalu, mendorong kampanye #kembalikangadiskami.

Boko Haram, yang mengatakan pihaknya bertentangan dengan "pendidikan Barat" dan ingin mendirikan negara Islam di Nigeria, telah mengambil alih desa-desa di sebelah utara dan timur, dan sejauh ini telah menewaskan lebih dari 3.300 orang pada tahun ini, menurut sebuah laporan terbaru dari Pusat Pemantauan pengungsian Internal dan Dewan Pengungsi Norwegia.

Pada Kamis pekan lalu, Menteri Luar Negeri Inggris William Hague akan menjadi tuan rumah delegasi bagi lebih dari seratus negara di London untuk pertemuan tingkat menteri tentang keadaan keamanan di Nigeria utara, sebagai tindak lanjut KTT bulan lalu di Paris tentang mengatasi militan Boko Haram. | sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply