BNPB Sertifikasi Relawan Penanggulangan Bencana

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan sertifikasi bagi relawan penanggulangan bencana di Kabupaten Bireuen. Kegiatan dibuka Wakil Bupati Ir. Mukhtar, M.Si, di Meuligoe Hotel, Cot Gapu, Bireuen, Sabtu malam, 13 September 2014.

”Ikuti dengan baik kegiatan ini sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi relawan dalam melakukan tugas mulia membantu masyarakat di lokasi bencana alam maupun peristiwa lainnya,” katanya.

Ia mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan relawan, dalam melakukan aksi kemanusiaan di saat terjadi bencana.

Kegiatan sertifikasi diawali dengan pelatihan kepada relawan RAPI, PMI dan SAR oleh instruktur yang kompeten dari Jakarta dan Provinsi Aceh.

”Selain belajar teori, nantinya juga akan dilakukan praktik atas apa yang sudah diajarkan dan diperdalam melalui pelatihan di kelas, praktik akan dilakukan di krueng Teupin Mane, Kecamatan Juli pada hari ketiga kegiatan,” kata Saifuddin selaku panitia pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bireuen.

Sertifikasi relawan itu diikuti 80 relawan RAPI, PMI dan SAR dari Kabupaten Aceh Besar, Aceh Timur, Aceh Utara dan Kabupaten Bireuen selama tiga hari dimulai Sabtu malam.

Pembukaan kegiatan itu turut dihadiri Sekda Bireuen, Ir Zulkifli Sp, Kepala BPBD Bireuen Asmara Hadi, Kepala Kesbang Politik Bireuen, Drs Sulaiman Azis dan sejumlah pejabat terkait lainnya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply