BNNP Jabar Bongkar Sindikat Ganja Aceh, Sita 590 Kg Ganja

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat, berhasil membongkar sindikat peredaran narkotika jenis ganja kering asal Aceh. Turut diamankan tiga tersangka yakni DS, ZN, dan SY baru-baru ini. Adapun barang bukti yang berhasil diamankan sebanyak 590 kilogram.

Kepala BNNP Jabar, Brigjen Pol Anang Pratanto, menjelaskan pengungkapan ini berawal dari penangkapan dua tersangka ZN dan SY oleh BNNK Bogor di ruas jalan Tol Jagorawi KM 23 Gunung Putri Bogor dengan barang bukti 200 kilogram ganja.

"Mereka baru saja mengambil ganja dari Aceh menggunakan truk tronton yang sudah dimodifikasi," kata Anang di Kantor BNNP Jabar, Bandung, Jumat (18/7).

Hasil pengembangan, kemudian BNNP Jabar mengarah kepada DS yang ada di kediamannya di Perum Rajeg City, Kabupaten Tangerang. Pada saat dilakukan penggeledahan ditemukan barang bukti tumpukan ganja yang disembunyikan di dalam gudang.

"Kami temukan di dalam gudang samping rumah sebanyak 390 kilogram yang dikemas setiap picis. Barang ini sudah siap edar," terang Anang.

Pengakuan tersangka, kata Anang, bahwa barang tersebut akan diedarkan ke beberapa wilayah di Jabar, DKI Jakarta, Banten dan Jateng. Lebih lanjut dia mengungkapkan, tersangka ini beroperasi sudah cukup lama.

"Pengakuannya sebelum pengungkapan ini penyelundupan barang dari Aceh sudah sampai lima kali," jelasnya. Pihaknya saat ini masih menyelidiki jaringan peredaran ganja tersebut. Sebab barang haram itu sudah beredar luas.

Atas perbuatannya tersangka dijerat pasal 114 ayat (2) jo Pasal 111 ayat (2) dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau penjara paling singkat lima tahun penjara. | sumber : merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply