BNN Aceh Beri Modal Kerja untuk Mantan Napi Narkoba dan Petani Ganja

BANDA ACEH – Badan Narkotika Nasional (BNN) Aceh akan merehabilitasi mantan terpidana narkoba dan petani ganja dengan memberikan modal kerja.

“Supaya mereka tidak kembali lagi menanam ganja atau menyebarluaskan narkoba. Sehingga kita harapkan dapat mengubah kebiasaan mereka dan bisa menjadi petani yang legal,” ujar Kepala BNN Aceh Saidan Nafi kepada ATJEHPOSTcom, Rabu 30 Januari 2013.

Sumber dana program itu, kata Saidan, dari APBN dan APBA 2013. Untuk tahap pertama, dilaksanakan di Banda Aceh bagi 20 mantan narapidana narkoba.

Program pembinaan itu, kata dia, melibatkan kepala desa dan pemuda kampung sebagai fasilitator. Lalu, Tim Teknis PJOK (Penanggung Jawab Objek Kegiatan) dari BNN Aceh, kata Saidan, bersama fasilitator akan memantau perkembangan usaha mantan narapidana dan petani ganja itu.

Selain di Banda Aceh, kata Saidan, program itu juga akan dilakukan di beberapa daerah lain seperti Pidie dan Bireuen.

“Sebelumnya di Bireuen sudah kita lakukan kepada 25 petani ganja dan sudah berhasil. 25 hektare ladang yang ada dimanfaatkan petani untuk menanam karet dan tumbuhan tumpang sari seperti pisang dan lainnya. Ke depan wilayah-wilayah ini juga akan kita sentuh lagi termasuk Pidie,” ujarnya.[](rz) 

  • Uncategorized

Leave a Reply