BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir

BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir

BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di wilayah tengah dan barat daya Aceh agar mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir.

“Kami berharap masyarakat mewaspadai hujan disertai petir yang diperkirakan akan terjadi hingga dua hari ke depan,” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Blang Bintang, Aceh Besar, Zakaria di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan secara umum perkiraan cuaca di provinsi ujung paling barat Indonesia itu yang berlaku hingga 4 Oktober 2015 itu umumnya berawan dan berpeluang hujan.

Ada pun daerah berpotensi mengalami hujan ringan adalah Tapaktuan, Kutacane, Sinabang, Sigli, Singkil, Blangpidie,Calang, Suka Makmue, Banda Aceh, Lhokseumawe, Langsa dan Subulussalam

Kemudian daerah yang diperkirakan berawan Idi Rayeuk, Lhoksukon, Bireuen, Karang Baru, Meureudu dan Sabang, sementara Blang Kejeren serta Takengon berpotensi hujan sedang.

Ia mengatakan dari analisis dinamika atmosfer, angin permukaan ketinggian sampai 3000 feet umumnya bertiup dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan 04 – 30 km/ jam.

Zakaria menyebutkan tinggi gelombang di perairan Sabang dan Banda Aceh diperkirakan 0,5 sampai 2 meter, di perairan Utara dan Timur Aceh diperkirakan 0,5  sampai 1,25 meter. Sedangkan di perairan barat dan selatan Aceh tinggi gelombang diperkirakan 0,5 sampai 2 meter. | sumber: antara

 

Leave a Reply