Bisnis kitab peluang menjanjikan di Aceh

TERLETAK di Jalan Teuku Nyak Arief Lamnyong, berseberangan dengan Pustaka Wilayah Aceh, Toko Taufiqiyah Ibtha merupakan salah satu toko buku yang menjual kitab-kitab untuk santri dayah atau pesantren. Ratusan judul Kitab baik yang berbahasa Arab mau pun berbahasa Arab-Djawi terpajang di salah satu rak.

Pemilik toko, Teungku Ibrahim, kepada ATJEHPOSTcom, hari ini Minggu 23 Juni 2013 mengatakan, di tokonya selain menyediakan buku-buku untuk kalangan mahasiswa juga menyediakan kitab-kitab untuk kalangan santri dan dosen-dosen.

"Di Aceh kita punya dua basis pendidikan. Agama dan umum. Kalau agama identik dengan pendidikan pesantren yang tersebar di seluruh Aceh, pendidikan umum kita punya kampus-kampus yang juga tersebar di seluruh Aceh," katanya.

Menurutnya, hal ini merupakan salah satu peluang bisnis di samping juga sebagai usaha pengembangan pengetahuan intelektual di Aceh. Untuk itu, sejak 2011, lulusan pesantren Ruhul Fata Seulimum ini merintis usaha toko bukunya.

"Sekarang saya telah menjalin hubungan dengan beberapa penerbit di Jakarta dalam mendatangkan kitab-kitab dan buku-buku yang dibutuhkan santri dan mahasiswa di Aceh," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan permintaan kitab dari kalangan santri setiap tahun terus meningkat. Kitab-kitab yang dipelajari sesuai dengan kurikulum pendidikan pesantren disediakannya untuk memenuhi permintaan.

Menurutnya, dari semua permintaan kitab-kitab pelajaran Fiqh, Tauhid, Tasawuf dan Tafsir merupakan jenis kitab yang paling banyak diminati para santri.[] ihn

  • Uncategorized

Leave a Reply