Bila Bollywood Sebuah Negara Shah Rukh Khan Rajanya

Shah Rukh Khan kini menjelma menjadi mega star aktor bollywood.  Tak berlebihan bila dikatakan seandainya bollywood sebuah pemerintahan, maka Shah Rukh Khan rajanya. Ia lahir pada 2 November 1965 lalu, ia popular dengan sebutan Raja Khan.  Selama 15 tahun terakhir ia masih menjadi magnet bagi pecinta film Hindustani itu.

Kalau Shah Rukh Khan terlibat dalam sebuah film, baik ia memerankan sebagai penjahat tetap saja penonton mendukung kejahatannya. Ia melakukan semuanya, dari menyanyi hingga menjadi pemandu sebuah show games.

Ia lahir dari keluarga muslim nama ayahnya Mir Taj Mohammad Khan dan nama ibunya adalah Fatima Begum.  Ayahnya seorang aktivis kebebasan background Pathani Punjabi. Sedangkan Ibunya adalah putri angkat Jenderal Shah Nawaz yang bertugas di tentara Subhash Chandra Bose.  Ayah Shah Rukh berasal  dari Peshawar di Pakistan lalu ia pindah ke Delhi di mana sebagai keluarga ibunya berasal dari Rawalpindi yang juga di Pakistan. Shah Rukh memiliki adik bernama Shehnaz juga dikenal sebagai Lalarukh.

Shah Rukh pergi ke Sekolah St Columba, dan berhasil meraih gelar Hansraj College di jurusan Ekonomi. Tapi dia tak berhenti di situ, ia melanjutkan pendidikan master di Komunikasi Massa dari Universitas Jamia Millia Islamia. Meskipun seorang berpendidikan tinggi ia lebih dikenal sebagai aktor.
Memulai karir tahun 1988 dengan TV super hit series Fauji.  Ia begitu cepat terkenal dengan karakternya yang kerap disebut Abimanyu Rai. Selanjutnya, ia sukses bermain di film series TV disebut Circus tahun 1989.

Film pertama Shah Rukh Khan dilayar lebar berjudul 'Deewana', saat itu ia berduet dengan Rishi Kapoor dan Divya Bharti di tahun 1992.  Beranjak dari itu karirnya terus menanjak. Ia tak pernah puas dengan penampilannya di satu film dan terus ingin mencoba yang lainnya. Satu hal mungkin yang tidak didapat pada actor lain, ia bisa memaiankan karakter apa saja. Baik antagonis maupun protagonis.
Pada film berjudul 'Baazigar' dan Yash Chopra 'Darr' ia memainkan peran negatif.  Dilain waktu ia akan sangat lembut seperti dalam film 'Kabhi Haan Kabhie Na'.  Anda pasti ingat dengan film My Name is Khan. Ia sukses memaiankan peran seorang anak yang  ‘lugu’ yang hendak bertemu presiden Amerika.

Dalam film Rabba Ne Di Jodi, ia memerankan dua tokoh sekaligus, yakni Surinder yang ‘polos dan lugu’ serta tokoh Raj yang  macho dan gaul.

Film terbaru salah satunya Ra One. Ia menjadi manusia robot, gerakan tarian  dalam lagu Ra One yang dinyanyikan Akon tak terbantahkan lagi, kalau Shah Rukh Khan merupakan seorang raja di dunia bollywood.[] DARI BERBAGAI SUMBER

  • Uncategorized

Leave a Reply