Besok, TDMRC Unsyiah Gelar Latihan Kesiapsiagaan Bencana untuk Guru dan Siswa

BANDA ACEH | Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), bekerjasama dengan PMI Kota Banda Aceh akan menyelenggarakan Latihan Pertolongan Pertama untuk Kesiapsiagaan Bencana Bagi Warga Sekolah, Kamis, 5 April 2012 pukul 10.00 -16.30 di Gedung TDMRC Unsyiah. Pelatihan ini digelar dalam rangka memberikan pengetahuan sebagai upaya pengurangan risiko bencana yang berkaitan dengan pendidikan bagi warga sekolah.

Panitia Pelaksana, Faisal Ilyas mengatakan  bahwa kegiatan ini akan diikuti 40 peserta, terdiri dari guru dan siswa. Mereka mewakili masing-masing sekolah yang terlibat dalam program peningkatan kesiapsiagaan siswa sekolah menengah melalui kegiatan intra dan ekstrakurikuler, yaitu sebuah program yang diinisiasi oleh TDMRC dengan dukungan Asian Community Trust (ACT). Sekolah-sekolah yang dimaksud adalah SMPN 1 Peukan Bada, SMPN 5, dan SMPN 11 Banda Aceh.

"Pelatihan ini memperkuat pemahaman, dan ketrampilan peserta tentang pertolongan pertama, mengatasi pendarahan, syok, cedera, luka bakar dan pemindahan penderita," kata Faisal dalam siaran pers kepada Atjeh Post. 

Dilanjutkan Faisal, ke depannya, diharapkan guru dan siswa sekolah memiliki keterampilan tentang praktek pertolongan pertama. Katanya, penguatan ini menjadi penting dalam rangka penguatan peran UKS, PMR, Pramuka, dan kelompok ekstrakurikuler untuk menuju sekolah siaga bencana pada masa yang akan datang. Selain itu, bagi peserta yang ikut dalam acara ini, diharapkan juga dapat pelatih bagi sesama (peer educator). 

"Secara bertahap TDMRC ingin membangun link antara sekolah dengan institusi terkait yang ada di lingkungan sekolah dan memiliki kapasitas untuk penguatan sekolah dalam mengurangi risiko bencana." []

  • Uncategorized

Leave a Reply