Besok, 2690 Peserta UN Aceh Tengah Siap Ikut Ujian

Besok, 2690 Peserta UN Aceh Tengah Siap Ikut Ujian

TAKENGON- Sebanyak 2690 peserta UN di Aceh Tengah siap mengikuti UN, Senin 13 April 2015. Peserta UN akan mengikuti ujian di sekolah masing-masing. Hanya sebagian siswa MA yang akan mengikuti UN di sekolah lain.

“Hingga H-1 UN diselenggarakan, belum ada peserta yang melapor untuk absen pada besok,” kata Kapala Bidang Pendidikan Menengah, Aceh Tengah, Zulhamsyah S.Pd, MM, melalui telepon selulernya, Minggu 12 April 2015.

Dirincikan, peserta tersebut terdiri dari tingkat SMA sebanyak 20 sekolah dengan peserta 1509 siswa. Selanjutnya, dari 13 MAN dengan jumlah peserta 726 siswa dan 4 SMK dengan 455 siswa. Jumlah total keseluruhan peserta UN di Aceh Tengah mencapai 2690 siswa.

Bagi peserta yang absen, kata zulhamsyah, juga dapat mengikuti UN susulan yang diselenggarakan mulai 21-23 April 2015. Ketentuan peserta UN yang diperbolehkan ikut susulan, harus melapor dan disertai bukti.

Seperti contohnya, sakit harus dilampirkan dengan surat keterangan dokter. Namun jika tidak melapor, maka peserta tidak diperbolehkan untuk mengikuti UN susulan.

“Ketentuan mengacu pada prosedur operasional standar. Sesuai arahan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP),” kata Zulhamsyah.

Untuk lokasi penyelenggaraan UN susulan, katanya, juga belum ditentukan.

Mekanisme penyelenggaraan UN di Aceh Tengah, kata Zulhamsyah, juga masih menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK). Ujian dengan sisitem online sebutnya, belum dapat digelar karena minimnya fasilitas komputer di setiap sekolah dan koneksi internet yang masih belum maksimal.

“Kita Komputer belum cukup. Tahun ini LJK dulu, tahun depan belum tahu kita. Mudah-mudahan sudah bisa online,” katanya.

Menyangkut lembar jawaban yang akan digunakan pada hari H, zulhamsyah juga memastikan sudah lengkap dan dokumen negara itu juga masih dalam keadaan tersegel.

“Besok pagi-pagi masing-masing sekolah di kawal polisi akan mengambil ljk di Polsek kecamatan letak sekolah,” ujarnya. []

Leave a Reply