Bertabur Peluh, Menanti Tiket ke Spanyol

BANDA ACEH – Beberapa remaja duduk berjejer dengan tangan ke belakang badan, menopang tanah. Sebagian dari mereka tertunduk. Sebagiannya lagi menatap ke arah seorang lelaki dewasa yang sedang memberikan arahan di Lapangan Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Kamis dua pekan lalu.

Lelaki tersebut bernama Anwar. Dia sedang memberikan wejangan-wejangan pada 120 pemuda Aceh yang wajahnya telah basah peluh. Mereka atlet sepak bola usia 18 tahun (U-18) yang sedang ikut seleksi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh.

Setelah menyampaikan arahannya, Anwar melangkah ke sisi lapangan. Dua puluh satu  remaja mengambil posisi masing-masing di lapangan.

Ada yang menuju mistar, ada pula yang berdiri di samping kiri dan kanan lapangan, sementara sisanya beranjak keluar lapangan. Ada yang menyibukkan diri dengan passing bola, ada pula yang hanya berdiam diri dengan mengamati permainan rekan-rekannya di tengah arena.

Anwar terus mengamati pergerakan-pergerakan dan keahlian individu para pemain dari sisi lapangan. Sesekali ia menulis di lembaran kertas. Anwar merupakan salah satu pelatih yang ditunjuk Dispora menangani seleksi pemain berbakat U-18 dari seantero Aceh tersebut.

Selain Anwar, Dispora juga menunjuk pelatih asing dari Cili, Simon Pablo. Simon kini tercatat sebagai pelatih PSSB Bireuen. Mereka bertugas menyeleksi 120 pemuda Aceh tersebut untuk diikutsertakan sebagai pemain binaan Dispora Aceh.

Direncanakan, 30 pemain yang lolos seleksi akan dikirim ke Negeri Matador, Spanyol, untuk menimba ilmu sepak bola.

Seratus dua puluh pemain tersebut hasil seleksi di lima kabupaten dan kota, Banda Aceh, Aceh Barat, Gayo Lues, Bireuen, dan Aceh Utara. Seleksi telah dimulai sejak 25 September 2012. Dari tiap titik tersebut, panitia mengambil 25 orang dan mengikutsertakan dalam seleksi di tingkat provinsi pada 12 Oktober 2012.

Menurut keterangan Staf Bidang Olahraga Dispora Aceh, Muksalmina, Kamis pekan lalu, 120 pemain U-18 hasil seleksi pertama akan dirampingkan menjadi 30 orang.

“Bagi yang lulus seleksi akan mengikuti pelatihan daerah oleh Dispora Aceh setelah lebaran. Sementara hasil seleksi dari tim panitia diumumkan pada 23-24 Oktober 2012,” ujar Muksalmina kepada ATJEHPOSTcom.(bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply