“Bersembunyi” di Dalam Kota Bersama Seniman Cina

HUBUNGAN yang kurang baik antara masyarakat Cina dan Negaranya telah mengasah para seniman untuk menghasilkan karya-karya kontroversial.

Seniman Liu Bolin yang berasal dari Beijing, mencoba menciptakan fotografi sebagai sarana untuk mengekplorasi identitas nasional Cina sekaligus diam-diam memprotes pemerintahannya.

Seni rahasianya, lahir berdasarkan penggusuran dan penghancuran yang dilakukan pemerintah terhadap studionya pada tahun 2005. Akibatnya, Bolin mulai menggunakan kota sekitarnya sebagai latar belakang, melukis dirinya sendiri untuk berbaur dengan pemandangan yang selalu berubah-ubah.

Dengan keinginan menyatu dengan kota, Bolin yang menganggap dirinya orang luar, menciptakan ketegangan yang menantang bagi pengunjung untuk mempertanyakan apa yang ada diatas atau dibawah permukaan.

Setiap gambar membutuhkan perencanaan yang cermat, baik sebagai seniman dan artis, Bolin mengarahkan fotografer bagaimana menyusun setiap adegan sebelum memasuki pengambilan gambar.

Untuk menyatu dengan latar belakang, Ia dibantu oleh pelukis dan memakan waktu hingga sepuluh jam dengan Bolin harus berdiri diam.

Bolin sepenuhnya membuat dirinya sendiri menjadi tak terlihat, sebagai simbol kemanusiaan tersembunyi didalam sebuah gedung parlemen Cina. | DEDE RIYADI | lightbox.time.com

  • Uncategorized

Leave a Reply