Berantas Korupsi, KPK Mengaku Terbaik di Dunia

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi mengklaim lembaga tersebut sebagai salah satu lembaga pemberantasan korupsi terbaik di dunia. Menurut mereka, KPK menjadi rujukan beberapa negara untuk model lembaga pemberantasan korupsi di negeri mereka.

“Indonesia menjadi salah satu negara di mana lembaga pemberantas korupsinya dijadikan rujukan keberhasilan selain ICAC  di Hong Kong,” kata Wakil Ketua KPK, Bambang Widjodjanto, di Jakarta, Selasa 15 Mei 2012.

Independent Commisson Against Corruption (ICAC) berhasil mengubah wajah kota Hong Kong dari yang semula identik dengan sindikat korupsinya menjadi salah satu yang terbersih di dunia. Bambang mengatakan Indonesia juga bisa menjadi salah satu contoh negara yang menarik dari segi upaya pemberantasan korupsi.

“Cukup banyak negara di dunia yang secara khusus meminta KPK untuk bisa menjadi adviser mereka dalam membangun lembaga pemberantasan korupsi,” ujarnya.

Pernyataan Bambang sekaligus menjawab tudingan sejumlah pihak yang selama ini meragukan kapabilitas KPK. KPK bahkan kerap dianggap tebang pilih dan menyalahgunakan wewenangnya sebagai lembaga superbody.

Terpidana kasus suap Wisma Atlet, Muhammad Nazaruddin, misalnya, sempat menuding KPK merekayasa kasus suap yang membelit dirinya. KPK saat itu sampai membentuk Komite Etik untuk memeriksa beberapa pegawai dan pejabatnya. Hasilnya, Komite Etik menyimpulkan tidak ada pelanggaran berat yang dilakukan oleh pegawai dan pejabat KPK. [] SUMBER: VIVANEWS

  • Uncategorized

Leave a Reply