Bentuk Otot? Latihan Beban “Ringan” Sama Efektifnya dengan Latihan Beban “Berat”

SEBUAH penelitian di Kanada menunjukan bahwa melakukan angkat beban ringan secara rutin mampu membentuk otot serta memiliki khasiat yang sama efektifnya dengan melakukan angkat beban berat.

“Faktor penting mendapatkan bentuk otot yang Anda inginkan adalah dengan mendorong diri Anda kepada satu titik dimana Anda akhirnya merasa lelah” ungkap para peneliti di McMaster University di Hamilton, Ontario.

Tim peneliti melakukan penelitian dengan meminta para peserta melakukan latihan tiga kali seminggu selama 10 minggu dengan pengulangan sebanyak mungkin melalui beban yang ditugaskan. Temuan tersebut dipublikasikan dalam The Journal of Applied Physiology.

“Kami menemukan bahwa beban berat ataupun beban yang relatif ringan sama-sama efektif dalam merangsang pertumbuhan dan meningkatkan kekuatan otot” ungkap Cam Mitchell Ketua tim penulis dan kandidat di McMaster’s Kinesiology Department.

“Banyak orang yang sudah tua memiliki masalah sendi sehingga tidak mungkin melakukan latihan beban berat,” kata Mitchell. Karena itu, para lansia bisa menjalankan latihan beban ringan saja agar otot tetap memiliki massa.

“Studi ini menunjukkan bahwa mereka (para lansia) memiliki pilihan lain dengan berlatih beban ringan namun masih bisa merasakan manfaatnya,” tambahnya. |sumber : sehatnews.com

  • Uncategorized

Leave a Reply