Benarkah Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman?

Benarkah Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman?

KH. Fahmi Basya mengungkapkan beberapa temuannya yang membuktikan Candi Borobudur sebagai peninggalan Nabi Sulaiman.

“Bukti Borobudur sebagai peninggalan Nabi Sulaiman dapat dilihat dari bentuk bangunan dan relief-relief candi. Semua cocok dengan apa yang digambarkan oleh Alquran,” ujar Fahmi Basya dalam sebuah acara di Bogor Utara, Ahad, 24 Mei 2015.

Dalam salah satu relief candi, digambarkan seorangĀ  perempuan tengah mengangkat ujung kain, sementara di bawahnya ada relief kolam. Fahmi Basya mengidentifikasi relief itu sebagai kisah Balqis, Ratu Saba.

Istana ratu Balqis juga berada di tanah Jawa, yaitu candi Boko. Singgasana sang ratu yang diusung oleh jin ifrit memperlihatkan bekas lahan kosong yang luas di kompleks Candi Boko.

Fahmi menggambarkan Sulaiman sebagai orang Jawa tulen, berdasarkan pada surah 38 ayat 30. Kata ‘nikmal abdu’ atau sebaik-baik hamba yang disematkan pada Sulaiman cocok dengan orang Jawa. Selain itu, masih banyak bukti-bukti lain yang ia kemukakan.

Pendapat ini sebenarnya sudah lama diungkapkan oleh Fahmi Basya, salah satunya dalam buku Borobudur dan Peninggalan Nabi Sulaiman. Fahmi juga mengajak orang-orang yang ingin tahu lebih lanjut untuk ikut ekspedisi 14 Juni mendatang.| sumber : republika

Leave a Reply