Belasan warga Gampong Cot Laweung datangi DPRK Pidie

BELASAN warga dan perangkat Gampong Cot Laweung, Kecamatan Muara Tiga, mendatangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie, Kamis 2 Mai 2013. Kedatangan warga ini untuk mempertanyakan tentang dana PNPM, yang menurut mereka, telah dialihkan ke gampong lain.

Kedatangan warga ini diterima oleh Wakil Ketua DPRK Pidie, Muhammad Ali dan Abdul Hamid, serta  Sekretaris Komisi B, Syukurni, serta Zakaria dari Komisi D.

Sekretaris Gampong Cot Laweung, Teungku Muhib, mengatakan Secara perangkingan gampong mereka menjadi prioritas untuk mendapat dana PNPM dahun 2013.

Namun, kata dia, ada kendala dalam pengelolaan dana kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) karena belum terlunasi semua. Pihak gampong sudah pernah membicarakan di Kantor Camat Muara Tiga dengan unit pengelola kegiatan, fasilitator kecamatan, fasilitator teknik dan camat setempat.

Saat itu disepakat, bahwa apabila dana pinjaman dilunasi minimal 60 persen, maka untuk tahun 2013 ini Gampong Cot masih dapat dana PNPM.

“Tunggakan pinjaman masyarakat, ada sekitar 125 juta. Namun setelah masyarakat melunasinya 60 persen, fasilitator kecamatan mengalihkan dana tersebut ke gampong lain,”  kata Teungku Muhib.

“Untuk tahun 2013 ini, dana PNPM sebesar Rp320 juta rencananya akan dipergunakan untuk pengerasan jalan usaha tani di Gampong Cot. Makanya, kami datang ke DPRK ini untuk menyampaikan persoalan yang kami hadapi di gampong,” ujar dia lagi.

Menyangkut hal ini, Sekretaris Komisi B DPRK Pidie, Syukurni, mengatakan masalah dana PNPM tersebut, kemungkinan sudah final. “Mungkin tahun 2014 nanti baru bisa dilakukan perangkingan kembali,” kata dia.[] (mrd)

  • Uncategorized

Leave a Reply