Belasan Pesantren di Aceh Tengah Belum Terdaftar di Badan Dayah

Belasan Pesantren di Aceh Tengah Belum Terdaftar di Badan Dayah

TAKENGON – Kepala Kantor Pembinaan dan Pendidikan Dayah Aceh Tengah, Amirullah, S.Ag, mengatakan meski dewasa ini banyak pesantren yang berdiri di Aceh Tengah, pihaknya belum menemukan adanya pesantren yang melenceng dari aqidah Islam.
“Dapat kita lihat dari kurikulum yang dipelajari pada setiap dayah. Baik itu modern maupun pesantren tradisional,” katanya kepada portalsatu.com, Jumat, 12 Juni 2015.
Berdasarkan verifikasi Badan Dayah Provinsi Aceh di tahun 2011 lalu kata Amirullah, terdapat 10 pondok pesantren di Aceh Tengah yang telah mendapatkan legalitas atau terdaftar di Badan Dayah yang diakui secara administrasi kenegaraan.
“Kita sudah ajukan 25 pesantren untuk mendapat legalitas. Yang baru keluar hanya 10, sisanya dalam proses. Yang terpantau dari pihak kita lebih dari 25 pondok pesantren sudah berada di Aceh Tengah. Cuma saat ini lagi kita telusuri ulang bagi dayah yang baru berdiri agar tidak ada yang melenceng dari ajaran islam,” ujarnya.
Kriteria untuk mendapat legalitas secara administrasi di Badan Dayah lanjut Amirullah, setiap pondok pesantran harus memiliki syarat di antaranya minimal harus memiliki 15 santri yang menetap, memiliki sarana berupa gedung atau ruang belajar, mushalla dan mencukupi tenaga pengajar serta memiliki kurikulum yang jelas.[] (ihn)

Leave a Reply