Beginilah Google Peringati Kelahiran Nelson Mandela

Nelson Rolihlahla Mandela atau yang dikenal dengan nama Nelson Mandela lahir di Mvezo, Afrika Selatan 18 Juli 1918 dan meninggal di Johannesburg, Afrika Selatan, pada 5 Desember 2013 tahun lalu di usia 95 tahun. Ia merupakan seorang tokoh politisi Afrika Selatan yang anti-apartheid dan pernah menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan selama lima tahun dalam rentang 1994-1999.

Hari ini laman pencari Google mendedikasikan doodle khusus untuk mengenang seluruh jasa-jasa tokoh kulit hitam ini. Bukalah laman utama pencari Google, Anda akan menemukan sejumlah kata-kata bijak yang diucapkan oleh Nelson Mandela selama hidupnya. Selain itu kita juga bisa melihat sejumlah rekam jejak yang digambarkan Google untuk menceritakan kisah hidupnya yang getir.

Dikutip dari laman Wikipedia, semasa hidupnya Mandela pernah menjalani masa kurungan hingga 27 tahun di tiga penjara terpisah. Pertama di Pulau Robben, yaitu sebuah pulau kecil di Teluk Table, 6,9 kilometer di pesisir Cape Town, Mandela dikurung di pulau ini selama 18 tahun. Selain Mandela tokoh kulit hitam lainnya yang pernah dipenjarakan di Pulau Robben adalah Kgalema Motlanthe yang juga pernah menjadi Presiden Afrika Selatan dan Jacob Zuma yang kini menjabab sebagai Presiden Afrika Selatan.

Tahun 1984 Mandela kemudian dipindahkan ke Penjara Pollsmoor di Tokai, Cape Town. Empat tahun kemudian ia dipindahkan ke Penjara Victor Verster di Western Cape, yang sekarang menjadi Drakenstein Correctional Centre. Ini merupakan penjara pertanian yang sering dipakai sebagai batu loncahan untuk membebaskan tahanan politik beresiko rendah. Setelah menghabiskan sisa tahanan selama tiga tahun di Victor Verster, Mandela akhirnya dibebaskan pada 11 Februari 1990 setelah adanya kampenye internasional yang menuntut pembebasannya. Di hari pembebasannya, wartawan dari seluruh dunia berkumpul di pagar penjara dan membuat nama Victor Verster kian terkenal.

Mandela yang memiliki nama klan Madiba atau Tata ini sering dijuluki sebagai ‘Bapak Bangsa’. Meskipun ia dianggap sebagai simpatisan komunis, namun ia memperoleh pengakuan internasional atas sikap anti-kolonial dan anti-apartheidnya. Setidaknya lebih dari 250 penghargaan pernah diterimanya, termasuk Nobel Perdamaian pada 1993, medali Kebebasan Presiden Amerika Serikat dan Order of Lenin dari Uni Soviet.

Untuk mengenang sepak terjang Mandela, sejumlah sineas dunia membuat film bergenre biografi dan sejarah perjuangan Mandela. Kisah hidupnya banyak diangkat menjadi puluhan film televisi dan layar lebar. Salah satu film biografinya yang paling terkenal adalah Invictus yang dirilis pada 2009 lalu. Film arahan sutradara Hollywood Clint Eastwood ini menyabet delapan penghargaan perfilman internasional dari 23 nominasi. Lewat film ini Mandela berusaha keras menyatukan perbedaan warna kulit tim rugby Afsel yang berlaga di Piala Dunia Rugby 1995.

Salah satu kutipan Mandela yang paling terkenal adalah "Orang harus belajar membenci, dan jika mereka belajar membenci, mereka bisa diajari untuk mencintai, karena cinta datang lebih alami ke hati manusia daripada kebencian".[]

  • Uncategorized

Leave a Reply