Begini Rasanya Berjalan di Lava Gunung Berapi

Seorang ilmuwan Amerika Serikat menunjukkan apa jadinya jika seseorang berjalan-jalan di atas lava yang panas.

Alex Rivest melakukan perjalanan liburan ke Gunung Kilauea, Hawaii. Di sana, pemandu wisata menawarkan Rivest pengalaman unik dengan melangkah ke dalam kolam batuan cair yang panas itu.

Lava bisa memiliki suhu 700 hingga 1200 derajat Celcius, saat keluar dari puncak gunung dan kemudian meleleh ke bawah membentuk jalurnya sendiri.

Saat menginjak permukaan lava, sepatu pemandu wisata Rivest meninggalkan jejak dan memercikkan api.

"Ini mungkin tidak terlalu mengejutkan. Saya kira banyak orang berpikir lava seperti cairan air," kata Rivest.

Menurutnya, orang tidak akan jatuh ke danau lava seperti di kolam renang. Batuan cair panas ini jauh lebih padat sehingga orang yang jatuh di atasnya tidak langsung tenggelam dan kemudian baru terbakar.

Gunung Kilauea adalah gunung berapi yang paling aktif di dunia dan usianya diperkirakan 300 ribu hingga 600 ribu tahun. Gunung ini sering meletus sejak 1983.

Lava dari Kilauea tengah mengancam kota Pahoa yang memiliki populasi 900 jiwa selama berbulan-bulan. Pada Oktober lalu, lava Kilauea membakar sebuah rumah dan menutup sebagian kuburan tapi sudah dialihkan sebelum turun ke jalan utama Pahoa.

"Di beberapa lokasi, dan di bawah pengawasan dan prosedur yang aman, Anda dapat melihat lava dari dekat. Itu adalah pengalaman yang luar biasa," kata Rivest.

Menurut Erik Klemetti dari Denis University di Ohio, ketika lava cair terkena udara dingin, ia akan membentuk kerak hitam keras di mana kita bisa berdiri di atasnya, meski dalam waktu yang singkat.

Meski lava terlihat mengalir seperti aliran air, tapi lebih kental dari air. Itulah mengapa lava bisa menahan tekanan yang ringan.

Dalam penjelasan di blognya, Eruptions Blog, Klemetti mengatakan jatuh ke dalam lava akan menyebabkan air dalam tubuh manusia mendidih, berubah menjadi uap dan akan meledak dari dalam.[]

Baca berita menarik lainnya di Dream.co.id

  • Uncategorized

Leave a Reply