Begini Cara Fotografer Profesional di Aceh Merawat Kameranya

BANDA ACEH – Kamera salah satu alat penting bagi seorang fotografer. Karenanya seorang fotografer harus bisa menjaga dan merawat kameranya agar hasil fotonya selalu bagus. Chandra Irani, salah seorang fotografer Aceh yang tergabung di Atjeh Fotografer Net berbagi tips kepada ATJEHPOSTcom dalam merawat kamera.

Pertama
Harus dibersihkan selesai hunting foto. Chandra mengatakan setelah hunting foto dibiasakan untuk membersihkan kameranya. Kerena biasanya sewaktu hunting foto ada uap yang melekat di lensa kamera.

“Apalagi kalau hunting foto di daerah laut, kalau di laut itu sangat rentan terjadinya uap di dalam lensa. Itu bisa menyebabkan bintik hitam di lensa, kalau sudah ada bintik hitam bisa merusak gambar yang akan kita ambil,” katanya.

Kedua
Masukkan kedalam drybox. Chandra mengatakan setelah pembersihan biasakan untuk memasukkan kamera kedalam dry box. Fungsinya untuk menghindari kelembapan yang bisa menimbulkan jamur dalam kamera.

Ketiga
Hindari ganti kamera di tempat banyak angin. Ia mengatakan kalau di lapangan, jangan mengganti lensa di tempat yang banyak angin. Kalau mau ganti lensa, kalau bisa kita cari tempat yang tidak terkena angin atau bisa menutup lensa dengan bantuan tubuh.

Selain itu, dia juga mengatakan perawatan kamera itu sangat penting, apalagi bagi fotografer yang tinggal di Aceh.

"Kalau di Aceh, belom ada tempat service kamera untuk membersihkan jamur, jadi biasakan untuk membersihkan kameranya sendiri, kalau untuk perawatan toko  biasanya ada di Medan, biasanya untuk harganya sampai 500 ribu," ujarnya.[] (ihn)

  • Uncategorized

Leave a Reply