Banjir Rendam Sejumlah Rumah di Langsa

Banjir Rendam Sejumlah Rumah di Langsa

LANGSA – Hujan deras yang mengguyur Kota Langsa selama tiga jam pada Minggu, 27 September 2015 malam menyebabkan sejumlah rumah terendam banjir. Kondisi ini diperparah dengan meluapnya air Sungai Sidoarjo di Kecamatan Langsa Kota, Senin, 28 September 2015.

Amatan portalsatu.com, banjir melanda sejumlah Gampong Tanjong Putus di Kecamatan Langsa Kota, Gampong Seulalah, Pondok Pabrik dan Gampong Sidoarjo di Kecamatan Langsa Lama.

Warga setempat mengaku tidak heran dengan kondisi tersebut. Mereka maklum saban hujan, desanya kerap direndam banjir.

Afandri, salah satu warga Tanjung Putus, mengatakan dari 128 KK setidaknya hanya ada delapan rumah yang tidak terimbas banjir. Para warga terpaksa mengungsikan barang-barangnya ke tempat tinggi agar tidak tergenang air.

Meskipun demikian, warga memilih tetap bertahan di rumah masing-masing lantaran menurut mereka banjir akan surut jika hujan tidak turun lagi.

“Jika kembali diguyur hujan, banjir pun semakin parah sebab hanya ini satu-satunya sungai pembuangan air dari beberapa kecamatan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC) dari BPBD Kota Langsa, Zainal Abidin, mengatakan pihaknya telah menurunkan 30 personil ke beberapa titik yang terimbas banjir. TRC BPBD juga membawa perahu karet untuk mengevakuasi warga dari banjir.

“Sejauh ini belum ada korban jiwa, maka untuk itu kami mengimbau kepada warga agar menjauhi sungai untuk menghindari agar tidak ada yang terseret ke sungai tersebut. Pasalnya, arus air sangat kencang bisa mengakibatkan korban jiwa seperti pada banjir sebelumnya,” ujarnya.[] (bna)

Leave a Reply