Banjir Kiriman Landa Matangkuli Aceh Utara

Banjir Kiriman Landa Matangkuli Aceh Utara

LHOKSUKON – Sejumlah desa di Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara dilanda banjir kiriman sejak Minggu, 10 Mei 2015 pukul 09.00 WIB tadi. Ketinggian air bervariasi antara 30 hingga 60 centimeter. Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam areal persawahan.

Geusyik Desa Hagu, M Nasir kepada portalsatu.com menyebutkan, sejumlah desa yang terendam di antaranya, Desa Hagu, Alue Thoe, Lawang, Siren dan Teumpok Barat.

“Saat ini padi di sawah telah memasuki musim panen. Ada yang sudah dipanen, namun ada pula yang terendam banjir sebelum dipanen. Banjir kali ini akibat hujan deras di kawasan atas Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara sehingga mengakibatkan air sungai meluap,” ujarnya.

Ditambahkan, khusus di Desa Hagu sekitar 70 persen rumah warga terendam. Demikian juga dengan sebagian ruas jalan.

“Langit masih terlihat mendung. Jika kembali hujan di kawasan pegunungan, maka besar kemungkinan ketinggian air akan bertambah,” jelas M Nasir.

Danramil Matangkuli, Kapten Inf M Nur secara terpisah mengatakan, hingga saat ini belum ada warga yang mengungsi. “Jika memang nantinya air terus bertambah naik, maka pengungsian akan dipusatkan di musholla masing-masing desa agar terkontrol. Sejauh ini masih aman,” katanya. [] (mal)

Leave a Reply