Balai Benih Ikan Krueng Batee Bagikan Benih Gratis untuk Masyarakat

BLANGPIDIE – Balai Benih Ikan (BBI) Krueng Batee telah menjadi tempat magang dari berbagai daerah, baik dari universitas maupun dari Sekolah Menenggah Kejuruan.

Di antaranya mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Jurusan Budidaya Perikanan Universitas Malikulsaleh Lhokseumawe dan juga dari Universitas Teuku Umar Meulaboh. Sedangkan dari sekolah kejuruan itu dari SMK Negeri I Calang Aceh Jaya, SMK Negeri I Labuhanhaji Aceh Selatan dan juga Pegawai BBI Subulussalam.

“Untuk sekolah kejuruan itu lebih kepada pengenalan dasar sedang dari universitas itu lebih pada praktek lapangan," kata Kepala UPTD BBI Krueng Batee Ari Gunawan pada ATJEHPOSTcom, Rabu 30 Januari 2013.

BBI Krueng Batee yang mulai operasional sejak 2007 dan produksi benih itu dimulai pada  2008. Selama ini BBI juga memberikan benih ikan gratis pada masyarakat penduduk Aceh Barat Daya dengan syarat fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 2 lembar.

BBI Krueng Batee telah dijadikan Sentral produksi benih ikan wilayah pantai barat selatan sebagaimana yang diprogramkan oleh provinsi.

Mulai  2013 BBI Krueng Batee juga akan menjual benih ikan. Hal ini seperti ditetapkan sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari BBI ditargetkan sebanyak Rp. 75 juta untuk  2013.

Selain untuk dijual juga masih dibagi secara gratis untuk penduduk Aceh Barat Daya, benih ikan yang dibagi secara gratis tersebut berukuran 2 sampai 3 centimeter, sedangkan diatasnya yang berukuran 3-5 cm dan 5-8 cm dijual.

  • Uncategorized

Leave a Reply