Bakal kunjungi lokasi gempa Gayo, ini permintaan SBY

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan tiba di lokasi bencana gempa Aceh Tengah dan Bener Meriah, Senin 8 Juli 2013. Yudhoyono mengatakan rencana kunjungannya jangan sampai menghambat penanganan tanggap darurat di kedua daerah itu.

Niatnya untuk berkunjung disampaikan saat melakukan video conference bersama Danrem 011/LW, Kolonel Inf Hipdizah, Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB Fathul Hadi, Bupati Aceh Tengah Nasaruddin dan Bupati Bener Meriah Ruslan Abdul Gani serta seluruh tim yang tergabung dalam Satuan Tanggap Darurat di posko Bener Meriah, Jumat 5 Juli 2013.

Presiden turut menanyakan perkembangan pasca bencana di kedua daerah. Ia juga meminta laporan penanganan bencana dari pihak-pihak terkait yang bekerja di daerah dan ingin mengetahui apa saja yang sudah dilakukan untuk membantu korban gempa.

Komandan Korem 011 Lilawangsa Kolonel Inf Hifdizah, selaku komando pelaksana tanggap darurat kepada Presiden melaporkan tentang kondisi pengungsi yang masih membutuhkan bantuan.

Danrem mengatakan kebutuhan mendesak pasca bencana yang masih sangat diperlukan para korban gempa adalah bahan logistik juga selimut serta obat-obatan dan kebutuhan bayi.

"Termasuk juga gizi tambahan bagi pengungsi," katanya.

Di akhir video conference yang digelar Presiden SBY kemudian mengutarakan niatnya untuk berkunjung. Presiden sempat meminta saran terkait jadwal kunjungan yang tepat karena tidak ingin mengganggu penanganan tanggap darurat yang sedang berjalan di wilayah itu.

"Baik saya terima sarannya, Senin bermalam di sana, Selasa kembali 1 hari sebelum Ramadan. Tapi Danrem jangan terganggu ke saya, tetap utamakan tanggap daruratnya, saya akan kesana dengan peralatan sendiri," kata Presiden.[](bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply