Bakal caleg PNA Aceh Utara uji baca alquran

PARTAI Nasional Aceh (PNA) Wilayah Aceh Utara menyeleksi bakal calon legislatif yang akan diusung pada Pemilu 2014 mendatang. Puluhan bakal caleg mengikuti uji baca alquran dan uji pengetahuan, di kantor PNA Aceh Utara, Cunda, Lhokseumawe, Senin, 8 April 2013.

Acara seleksi bakal caleg diawali dengan peusijuek (tepung tawar) oleh Abu Hasballah Keutapang Nisam dan Abu Arman Nisam, Aceh Utara. Dua ulama itu mempeusijuek para bakal caleg PNA untuk DPRK Aceh Utara dan DPR Aceh, diiringi pembacaan salawat.

Hadir pada acara ini sejumlah bakal caleg PNA untuk DPR Aceh dari Daerah Pemilihan (Dapil) 5 (Aceh Utara dan Lhokseumawe), Amni Bin Ahmad (mantan juru runding GAM), Dedi Safrizal (mantan juru bicara Komite Peralihan Aceh Wilayah Samudra Pasai), Ahmad Dani dan Pon Cina.

Pantauan ATJEHPOST.com, salah satu bakal caleg PNA untuk DPRK Aceh Utara yang mengikuti uji baca alquran ialah Martunis, mantan calon Bupati Aceh Utara pada Pilkada 2012 lalu.

Kemampuan baca alquran para bakal caleg tersebut diuji oleh Tgk Umar, Imum Syiek Blang Weu Panjoe, Blang Mangat, Lhokseumawe dan Tgk Bukhari dari LPTQ Kuta Makmur, Aceh Utara.

Selesai uji baca al-quran, para bakal caleg langsung mengikuti uji kapasitas atau pengetahuan. Tim penguji kemampuan pengetahuan ialah empat akademisi Universitas Malikussaleh yakni Prof Jamaluddin MHum, Drs Aiyub MSi, Rusyidi Abubakar SE MSi dan Ir Wesley MT.

Ketua DPW PNA Aceh Utara Misbahul Munir alias Rahul menyebutkan yang mendaftar sebagai bakal caleg PNA untuk DPRK Aceh Utara sebanyak 62 orang. “Hari ini mereka diseleksi sehingga nantinya terpilih 45 caleg yang akan diusung PNA untuk DPRK mewakili enam Dapil,” kata Rahul didampingi Sekretaris DPW PNA Aceh Utara Sofyan.

Sedangkan yang mendaftar sebagai bakal caleg PNA untuk DPR Aceh dari Dapil 5, kata Rahul, 17 orang. “Mereka telah mengikuti uji baca alquran dan kemampuan pengetahuan di kantor PNA Pusat. Kita PNA Aceh Utara hanya menyeleksi bakal caleg untuk DPRK,” katanya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply