Badan Investasi Aceh akan ke Bener Mariah bicarakan kesiapan investasi

KEPALA Badan Investasi dan Promosi (BIP) Aceh, Iskandar, berencana mengunjungi Kabupaten Bener Meriah dalam waktu dekat ini. Kunjungan tersebut untuk membicarakan pentingnya kehadiran industri hilir berupa pabrik pengolah kopi di kabupaten tersebut.

“Minggu depan ini kita merencanakan berkunjung ke Bener Meriah, guna bertemu dengan pihak pemerinta kabupaten tersebut untuk membicarakan masalah kehadiran industri hilir berupa pabrik pengolah kopi,” ujarnya kepada ATJEHPOSTcom Minggu sore kemarin, 17 Februari 2013.

Menurutnya selama ini produksi kopi hasil panen masyarakat di Kabupaten Bener Meriah maupun Aceh Tengah, selalu dipasarkan dalam bentuk mentah dengan cara ditampung oleh buyer dari Amerika, guna diedarkan dipasar dunia.

Nilai jual barang mentah dengan barang jadi katanya tentu saja berbeda. Sehingga ketika biji kopu milik petani dijual dalam kondisi bahan mentah harga terkadang cenderung menurun. Belum lagi dihitung cost atau biaya pengiriman yang dilakukan buyer yang menampung kopi milik petani tersebut sehingga nilai belinya menjadi rendah.

“Dengan dibukanya pabrik kopi di kabupaten tersebut, maka harga beli biji kopi milik masyarakat menjadi lebih tinggi,” katanya.

Iskadar juga mengatakan, kedatangannya kesana guna mencari solusi serta strategi dalam mencari investor yang masuk ke kabupaten tersebut. Selain itu juga untuk melihat kesiapan dan keterbukaan pemerintah di sana jika ada investor yang ingin membangun pabrik pengolah kopi.[] (ihn)

  • Uncategorized

Leave a Reply