Asteroid seluas setengah lapangan bola melintasi bumi besok

SEJUMLAH astronom tahun lalu pernah memperkirakan Asteroid 2012 DA14 seluas setengah lapangan bola dengan kecepatan 27 ribu kilometer per jam akan meluncur melintasi bumi pada 16 Februari besok. Prediksi itu tampaknya bisa menjadi kenyataan setelah hari ini sebuah meteor jatuh di Chelybinsk, Pegunungan Ural, sekitar 1500 kilometer sebelah timur Ibu Kota Moskow, Rusia, pukul 9.20 pagi hari ini waktu setempat.

Diyakini, jika asteroid 2012 DA14 seluas setengah lapangan bola dengan kecepatan 27 ribu kilometer per jam itu menabrak bumi, akan menghancurkan seukuran kota besar seperti Jakarta, seperti dilansir stasiun televisi WDAY, Jumat (15/2).

Para ahli memperkirakan pada pertengahan bulan ini akan terjadi sebuah fenomena luar angkasa yang sangat langka, yaitu mendekatnya posisi asteroid 2012 DA14 dengan bumi. Saking tidak lazimnya, diperkirakan jarak antara asteroid dan bumi ini nantinya hanya berkisar 21.000 km.

Pada pengamat meyakini fenomena ini tidak akan mengganggu kehidupan manusia. Namun, prediksi itu tampaknya salah besar. Sekitar 400 warga dilaporkan terluka akibat jatuhnya meteor berukuran beberapa meter di Rusia pagi tadi itu.

Hingga saat ini, masih belum bisa dipastikan apakah meteor yang jatuh di Rusia tersebut merupakan bagian dari 2012 DA14.

Jika benar asteroid itu menghantam bumi maka diperkirakan akan terjadi bencana layaknya Tunguska di Siberia pada 30 Juni 1908. Wilayah seluas Kota Jakarta diperkirakan bisa hangus dan rata dengan tanah. | sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply