AS Kucurkan 55 Juta Dollar Bantuan Kesehatan Ibu dan Bayi di Enam Provinsi Indonesia

JAKARTA- Presiden Barack Obama dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama antara Amerika Serikat dan Indonesia, sebagai bagian dari kemitraan komprehensif kedua negara.

Berkaitan dengan itu, Kedutaan Besar AS hari ini mengumumkan pencanangan program baru senilai 55 juta dollar, untuk memperbaiki kesehatan ibu dan bayi di enam provinsi yang memiliki angka kematian tertinggi di Indonesia.

Program bantuan dinamai  Expanding Maternal and Newborn Survival (EMAS)  menjangkau Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan, dan Jawa Barat. Hampir 70 persen kasus kematian ibu dan 75 persen kematian bayi terjadi hanya di Jawa dan Sumatra, dan hampir semuanya disebabkan oleh faktor-faktor yang bisa dicegah. Operasional Program EMAS akan dijalankan oleh Badan Pembangunan Internasional Pemerintah AS (USAID).

“Amerika Serikat merasa senang dapat memperkenalkan EMAS, sebuah program yang akan membantu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi di Indonesia. Program ini akan meningkatkan kesehatan ibu dan bayi juga penanganan saat bersalin dan komplikasi pada saat kehamilan,” kata Direktur USAID Indonesia Glenn Anders.

Diperkirakan sekitar 10.000 perempuan meninggal dunia akibat komplikasi saat kehamilan dan bersalin setiap tahunnya di Indonesia. Ini merupakan salah satu tingkat kematian ibu yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Nyawa dari para wanita dan anak-anak yang baru dilahirkan dapat diselamatkan dengan cara mencegah dan menangani komplikasi-komplikasi saat hamil, bersalin, dan hari-hari pertama sang bayi dengan pengidentifikasian serta perawatan ibu dan bayi yang terkena komplikasi dengan tepat waktu.

Setiap tahunnya lebih dari 80.000 bayi yang baru lahir meninggal dunia pada bulan pertama hidupnya akibat kondisi-kondisi yang sebenarnya dapat diobati seperti kelahiran prematur, asphyxia kelahiran, dan neonatal sepsis. 

Program EMAS diluncurkan oleh Jhpiego, Save the Children, dan Reseach Triangle, Inc. (RTI), bekerjasama dari Kementerian Kesehatan, Muhammadiyah, dan Rumah Sakit Budi Kemuliaan.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply