“AS Bicara Isu Nuklir untuk Tutupi Masalah”

TEHERAN-Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menuding negara-negara Barat berdusta mengenai program nuklir Iran untuk menutup-nutupi masalah mereka sendiri. Khamenei pun mengingatkan Israel bahwa serangan terhadap Iran akan direspons dengan "pukulan mengerikan".

Hal tersebut disampaikan Khamenei dalam pidatonya memperingati 23 tahun kematian pendahulunya, Ruhollah Khomeini, seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin 4 Juni 2012.

"Apa yang dilakukan Amerika dan Barat adalah dungu. Mereka membesar-besarkan isu nuklir untuk menutupi masalah-masalah mereka sendiri," kata Khamenei.

Khamenei menyebut negara-negara barat sebagai negara licik menggunakan istilah "nuklir" untuk negara Islam. Khamenei juga menyatakan, ancaman serangan militer Israel menunjukkan negara Yahudi merasa terancam dengan jatuhnya mantan presiden Mesir Hosni Mubarak, sekutu AS dan Barat.

"Jika mereka mengambil aksi yang keliru, mereka akan menerima pukulan mengerikan," kata pemimpin spiritual Iran tersebut.

Sebelumnya, Sabtu, 2 Juni lalu, seorang komandan militer Iran mengatakan rudal-rudal Iran bisa mencapai semua bagian wilayah Israel dan mengancam pangkalan-pangkalan AS di wilayah tersebut jika Iran sampai diserang.

AS dan negara-negara lainnya mencurigai Iran diam-diam berupaya mengembangkan senjata nuklir lewat program nuklir yang dijalankannya. Namun, pemerintah Iran berulang kali membantah tudingan tersebut. Ditegaskan Iran, program nuklirnya semata-mata untuk tujuan damai, yakni sebagai pembangkit energi untuk kepentingan sipil. | sumber:detik

  • Uncategorized

Leave a Reply