Arus Wisatawan ke Sabang Meningkat di Hari Libur

PELABUHAN Ulee Lheue, Banda Aceh hari ini dipadati ratusan wisatawan lokal dan domestik yang hendak ke Sabang, Selasa, 27 Mei 2014. Beberapa wisatawan mancanegara juga terlihat duduk menumpuk dan mengantri di loket-loket sambil menunggu tiket.

Dua hari libur nasional dalam pekan ini turut menjadi salah satu pemicu meningkatnya arus wisatawan ke Sabang. Apalagi, Sabang memiliki sejumlah destinasi wisata indah seperti pulau Iboih, Pulau Rubiah, Pantai Gapang, Pantai Sumur Tiga, Anoe Itam, dan Tugu Nol Kilometer.

Rusliwan, penjaga loket pelabuhan Ulee Lheue mengatakan arus wisatawan yang ingin berkunjung ke Sabang mulai meningkat dalam beberapa pekan terakhir. “Untuk pagi ini saja ada sekitar 204 penumpang yang berangkat dengan angkutan kapal lambat. Sedangkan sebanyak 215 penumpang lainnya memakai jasa angkutan kapal cepat,” ujarnya.

Biasanya, kata dia, lonjakan penumpang ke Sabang meningkat khususnya di hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Pasangan asal Kanada, Jane Holder dan Tim Hodson merupakan salah satu wisatawan mancanegara yang juga berangkat ke Sabang. Mereka datang ke Aceh melalui Medan.

“Sabang has a beautiful nature and landscape that must be maintained (Alam Sabang yang begitu indah hendaknya terus dirawat)," ujar Tim Hodson.

Selain itu, dirinya berharap agar tempat-tempat wisata tersebut juga bisa ditata dengan lebih baik. Tim telah empat kali berkunjung ke Sabang, dan kunjungan kali ini untuk menghabiskan masa liburan sekaligus bulan madu bersama pasangannya.[]

Baca juga:

Sabang Underground

Galeri Foto Kurok-kurok Peninggalan Penjajahan di Sabang

Menyelami Surga Bawah Laut Sabang

  • Uncategorized

Leave a Reply