Aplikasi seru ini bisa temani Anda mudik Lebaran

LEBARAN tinggal menghitung hari. Bagi para perantau, pulang kampung alias mudik adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. Lebaran bersama keluarga dan bertemu kerabat, jauh lebih bermakna dan menyenangkan.

Namun sebelum Anda mudik, pastikan semua “amunisinya” sudah oke. Ini penting, jangan sampai perjalanan terganggu gara-gara perencanaan kurang matang. Selain mempersiapkan fisik dan stamina, Anda juga semestinya menyiapkan gadget untuk mendukung perjalanan. Ini dia beberapa pilihan aplikasinya.

HERE Maps

Aplikasi navigasi gratis dari Nokia. Lewat aplikasi ini, meski melewati wilayah dengan koneksi jelek sekalipun, masih dapat melihat peta yang diunggah. Aplikasi ini dapat digunakan di berbagai smartphone dan tablet berbasis Windows. Bagi pengguna BlackBerry ada fitur serupa bernama LewatMana.

Makan Dimana

Aktivitas mudik tentunya tak dapat Anda lewatkan tanpa makan. Aplikasi Makan Dimana sejatinya dibuat oleh situs Detik.com. Anda bisa mendapatkan kemudahan untuk mencari referensi tempat singgah atau kuliner selama perjalanan.

Aplikasi ini hampir serupa dengan Nokia City Lens yang menyajikan referensi tempat makan, hotel, tempat belanja, hiburan, atau tempat-tempat lainnya yang terdekat dari lokasi Anda berada. Bagi pengguna Android ada fitur serupa bernama MediaMudik yang memberikan berbagai info termasuk klinik, bengkel, dan pom bensin.

Google Maps

Aplikasi ini mungkin sudah sangat familiar dan bisa jadi alternatif selama mudik. Versi gratis Google Maps memang tidak disertai dengan panduan suara. Namun untuk menampilkan peta gambar mudik Lebaran, Anda dapat mengandalkan fitur direction. Fitur terbaru ini dilengkapi dengan navigasi. Mayoritas pengguna internet berpendapat Google Maps masih memiliki relevansi penggunaan paling baik.

Masjid Dimana

Jangan lewatkan ibadah salat meski sedang menempuh perjalanan jauh. Dengan memanfaatkan aplikasi ini Anda dapat mengetahui informasi lokasi masjid terdekat. Aplikasi ini hadir di ponsel Nokia Lumia, dapat diunduh gratis di situs resmi Windows Phone.

Jalur Mudik Tol

Aplikasi ini tersedia khusus untuk pengguna Android. Lewat aplikasi ini Anda dapat memonitor lalu lintas di jalan tol seluruh Indonesia. Aplikasi ini hadir secara live streaming menggunakan kamera CCTV dari situs PT Jasa Marga. Jalur Mudik Tol berlaku untuk OS Android versi 1.6 ke atas.

KakaoTalk

Di hari Lebaran Anda pasti tak pernah melewatkan kirim-kirim ucapan selamat untuk para sahabat. Manfaatkan aplikasi KakaoTalk yang mempunyai banyak emoticon agar lebih seru. Bisa juga mengirimkan kartu Lebaran kepada sesama pengguna KakaoTalk. Aplikasi ini dapat diunduh di berbagai OS seperti Windows Phone, BlackBerry, dan Android.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply